Garda Indonesia: Lockdown Rugikan Ojol, Bisa Kisruh Berdampak Fatal

- Rabu, 18 Maret 2020 | 17:46 WIB
Ilustrasi pengemudi ojek online. (Antara)
Ilustrasi pengemudi ojek online. (Antara)

JAKARTA SELATAN, AYOJAKARTA.COM -- Kalangan pengemudi ojek online sangat khawatir pemerintah akan mengambil opsi lockdown dalam menghadapi wabah COVID-19.

Jika menengok negara-negara lain yang menerapkan lockdown (isolasi) untuk menekan wabah COVID-19, lockdown berarti mengunci seluruh akses masuk dan keluar dari suatu daerah maupun negara.

Kondisi turunannya, semua fasilitas publik juga harus ditutup, termasuk sekolah, pabrik, tempat-tempat umum lainnya dan pembatasan pergerakan transportasi umum. Aktivitas warga tentu ikut dibatasi. 

Ketua Presidium Nasional Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) Indonesia, Igun Wicaksono, mengatakan, lockdown pasti akan berdampak secara ekonomi terhadap kalangan pengemudi ojek online (ojol).

"Sudah pasti penghasilan pengemudi ojol akan turun drastis signifikan. Ini bahaya," kata Igun saat dihubungi Ayojakarta, Rabu (18/3/2020).

Menurut Igun, pengemudi ojol sebagai pekerja sektor informal menggantungkan hidup dari pendapatan harian. Karena itu, jika pemerintah melakukan lockdown, otomatis tidak ada pemasukan bagi pengemudi ojol.

"Jika terjadi lockdown, maka praktis ojol akan kehilangan penghasilan. Efek ekonomi secara domino akan terjadi, seperti kredit kendaraan bermotor yang macet, sehingga bisa saja terjadi kekisruhan ekonomi, dampaknya akan lebih fatal," jelasnya.

Namun, bila kebijakan lockdown harus diberlakukan, Igun meminta pemerintah memberikan solusi bagi pekerja informal. Misalnya, dengan menyalurkan bantuan tunai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

"Jika akhirnya Indonesia lockdown, maka pemerintah harus berikan solusi bagi ekonomi pekerja informal yang mendapatkan penghasilan secara harian. Misalnya, mengeluarkan kartu bantuan tunai," saran Igun.

Halaman:

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

Hampir di 1.300 Sekolah Ditemukan Klaster Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 13:34 WIB
X