Menristek Puji Pengoperasian Gerbong LRT Jabodetabek

- Kamis, 28 November 2019 | 11:58 WIB
Menteri Riset dan Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro/Antaranews
Menteri Riset dan Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro/Antaranews

DEPOK, AYOJAKARTA.COM -- Menteri Riset dan Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro meninjau Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek buatan PT INKA (Persero) di Stasiun LRT Cibubur, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis (28/11/2019).

Bambang melihat kemajuan pembangunan sarana LRT serta membahas dukungan Kementerian Riset dan Teknologi dan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dalam pengembangan industri perkeretaapian ke depan.

"Kami melihat bahwa pengoperasian gerbong LRT tadi paling tidak satu stasiun itu berlangsung dengan sangat baik artinya kualitas dari gerbongnya sendiri kualitas dari perjalanannya, operasionalnya juga sangat mulus hampir tidak ada kebisingan, tidak ada noise (kebisingan) dan juga sangat mulus, sangat lancar," kata Bambang.

"Artinya ini menunjukkan bahwa kemampuan putra-putri bangsa Indonesia melalui PT INKA dengan dibantu oleh berbagai lembaga, BPPT, LIPI, maupun beberapa perguruan tinggi sudah sampai kepada teknologi kereta api yang diyakini ke depan akan sangat dibutuhkan di Indonesia," ia menambahkan.

Ia mengatakan bahwa kebutuhan akan teknologi perkeretaapian meningkat seiring dengan peningkatan kebutuhan sarana pendukung mobilisasi penumpang dan barang.

Menurut Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), ia melanjutkan, lima tahun ke depan ada lima sampai enam kota besar yang akan membangun sistem transportasi massal berbasis rel kereta api, termasuk di antaranya Kota Bandung dan Surabaya.

"Jadi artinya kebutuhan akan kereta api, gerbongnya, lokomotifnya, maupun persinyalan, dan termasuk struktur lainnya akan sangat besar. Di situlah kita perlu memastikan bahwa ketika ada kegiatan besar terkait kereta api kita upayakan local content, tingkat kandungan dalam negerinya, semakin besar, terutama dengan penguasaan teknologi oleh putra-putri bangsa kita sendiri," kata Bambang. 

Pengerjaan proyek LRT Jabodebek masih berlangsung. LRT Jabodebek ditargetkan beroperasi penuh pada Juni 2021.

Dalam uji coba LRT kali ini, perjalanan dari Stasiun LRT Cibubur ke Stasiun LRT Ciracas memakan waktu kurang lebih 20 menit dengan kecepatan 40 km/jam.

Halaman:

Editor: Widya Victoria

Tags

Terkini

Polisikan Fatia dan Haris Azhar , Ini Kata Luhut

Senin, 27 September 2021 | 14:57 WIB

Covid-19 Akan Melemah dan Jadi Flu Biasa Kata Ahli

Minggu, 26 September 2021 | 14:57 WIB

Tanya Jawab BSU atau BLT Pekerja Tahap 4 dan Tahap 5

Sabtu, 25 September 2021 | 15:37 WIB

Hampir di 1.300 Sekolah Ditemukan Klaster Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 13:34 WIB
X