Saat Peralihan Musim, Masyarakat Diimbau Giat Lakukan PSN

- Senin, 4 November 2019 | 16:12 WIB
Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)/Dream.co.id
Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)/Dream.co.id

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengimbau masyarakat melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) saat peralihan musim agar terhindar dari penyakit vektor.

"Peralihan musim itu identik dan berhubungan erat dengan penyakit vektor, jadi masyarakat perlu menyadari pentingnya PSN," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Vektor dan Zoonosis Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi, Senin (4/11/2019).

Dikatakan Siti, PSN dapat dilakukan dengan gerakan Jumat bersih, mengurangi jentik-jentik nyamuk, menaburkan abate atau menggunakan larvasida yang biologis.

Kegiatan PSN tersebut, kata dia, tidak hanya dilakukan di rumah, melainkan juga penting dilakukan di area perkantoran, masjid serta sekolah-sekolah.

Sebab, adanya perubahan kelembaban udara dari musim kemarau ke hujan otomatis berpengaruh pada siklus hidup nyamuk.

Berdasarkan penelitian yang sudah ada, lanjut Siti, khususnya terkait pengaruh iklim pada penyakit, penyakit yang ditularkan melalui vektor terutama nyamuk cukup sering ditemukan.

AYO BACA : Cegah Jentik Nyamuk, Ribuan Ikan Cupang Dibagikan ke Warga

Ditambah lagi, terdapat sekitar 150-an jenis nyamuk di Indonesia dan masing-masingnya beradaptasi dengan lingkungan berdasarkan pengaruh iklim.

Perubahan kelembapan udara, tambah Siti, membuat nyamuk sebagai salah satu makhluk hidup perlu untuk beradaptasi termasuk dalam sistem reproduksi.

Halaman:

Editor: Lopi Kasim

Tags

Terkini

Hampir di 1.300 Sekolah Ditemukan Klaster Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 13:34 WIB
X