Sejumlah Daerah Diprediksi Mengalami Curah Hujan Tinggi

- Kamis, 31 Oktober 2019 | 17:39 WIB
Pemaparan peta bencana Indonesia tahun 2019/Ayojakarta.com-Dhika Alam Noor
Pemaparan peta bencana Indonesia tahun 2019/Ayojakarta.com-Dhika Alam Noor

JAKARTA TIMUR, AYOJAKARTA.COM -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi musim penghujan dimulai pada November 2019. 
Pekan pertama sebagian besar wilayah Indonesia memasuki musim pancaroba.

Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG Miming Saepudin menuturkan bahwa selama tujuh hari diprediksi beberapa wilayah akan mengalami intensitas hujan yang tinggi. Sementara puncak musim hujan terjadi pada Januari hingga Februari 2020. 

Wilayah yang diprediksi mengalami curah hujan tinggi meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur. Kemudian Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Papua.

''Kalau kita lihat peta perkiraan ini bahwa konsentrasi yang cukup signifikan itu masih di wilayah Sumatera. Kalau kita lihat dan dengar terjadi banjir di wilayah Aceh, Sumatreta Barat untuk bulan November harus diwaspadai karena konsentrasinya masih cukup tinggi,'' jelas Miming dalam paparannya di Graha BNPB, Jalan Pramuka Raya, Kamis (31/10/2019).

Sedangkan wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah, konsentrasi hujan masih diprediksi rendah. Akan tetapi masyarakat diimbau tetap waspada menghadapi musim hujan.

''Jangan sampai mengurangi kewaspadaan terkait potensi cuaca ekstrem seperti puting beliung pada musim transisi tersebut,'' imbau Miming. 

BMKG berharap musim penghujan dapat berpengaruh pada peristiwa kebakatan hutan dan lahan di wilayah Sumatera dan Kalimantan. 

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo

Tags

Terkini

Hampir di 1.300 Sekolah Ditemukan Klaster Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 13:34 WIB
X