Wiranto: Papua dan Papua Barat Mulai Kondusif Walau Masih Ada Provokasi dan Selebaran Gelap

- Senin, 9 September 2019 | 15:18 WIB
Menko Polhukam Wiranto saat jumpa pers di kantornya, Selasa (3/9/2019)/Antara
Menko Polhukam Wiranto saat jumpa pers di kantornya, Selasa (3/9/2019)/Antara

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto, menegaskan, bahwa situasi keamanan di Papua dan Papua Barat saat ini berangsur kondusif.

"Per 9 September ini, laporan yang saya terima, seluruh kondisi Papua dan Papua Barat aman dan kondusif. Aktivitas kemasyarakatan pun berjalan normal," kata Wiranto saat membuka Rapat Koordinasi yang membahas situasi Papua dan Papua Barat terkini, di Kantor Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (9/9/2019).

Rapat koordinasi ini turut dihadiri Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian serta perwakilan Polri. Selain itu, tokoh Papua seperti Freddy Numberi.

"Setelah menerima langsung setiap hari baik dari Kapolri, Panglima TNI, Kepala BIN dan unsur lain dan kita kompilasi kemudian, situasi mulai kondusif," kata Wiranto.

Namun, lanjut dia, masih ada provokasi, selebaran-selebaran gelap untuk mendorong dan menghasut masyarakat melakukan unjuk rasa susulan.

"Ini sudah kami monitor dan kami sudah tahu betul siapa-siapa pelakunya itu," tegas Wiranto.

Ia menambahkan bahwa Panglima TNI, Kapolri dan Kepala BIN yang baru ditarik dari Papua dan Papua Barat sudah melapor langsung kepada Presiden Jokowi pada tadi pagi. 

"Petunjuk Presiden Jokowi sangat jelas bahwa kondisi yang sangat baik dan kondusif ini tetap harus dipertahankan," jelas Wirano.

Menurut Wiranto, Presiden Jokowi juga prihatin mendengar kabar ratusan pelajar dan mahasiswa Papua yang sedang belajar di daerah lain di Indonesia pulang ke kampungnya masing-masing.

Halaman:

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X