TII: Jokowi Harus Tolak Bahas Revisi UU KPK

- Jumat, 6 September 2019 | 14:27 WIB
Presiden Joko Widodo/merdeka
Presiden Joko Widodo/merdeka

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Transparency International Indonesia (TII) mendesak Presiden Joko Widodo untuk menolak pembahasan revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK).

"Transparency International Indonesia mendesak agar Presiden menolak pembahasan revisi UU KPK dengan tidak mengirimkan Surpres (surat presiden) ke DPR RI," ucap Sekjen TII, Dadang Trisasongko, melalui keterangan tertulisnya, Jumat (5/9/2019).

Kemarin, seluruh fraksi di DPR RI menyetujui untuk membahas revisi UU KPK sehingga telah disahkan sebagai RUU inisiatif DPR. Namun, pembahasannya harus menunggu respons dari Presiden Joko Widodo. Di kesempatan lain, ketika ditanyai wartawan soal usulan revisi UU KPK, Presiden malah mengaku belum mengetahui isi draf usulan dari DPR.

Dadang menegaskan, Presiden Jokowi tidak boleh tidak tahu terhadap inisiatif revisi UU KPK tersebut. Presiden juga sepatutnya memerankan dirinya sebagai penjaga terdepan independensi KPK dengan segera memutuskan untuk tidak mengirimkan surat persetujuan ke DPR.

"Situasi ini semakin krusial mengingat sejak ditundanya pembahasan revisi UU KPK pada 2016 silam, pemerintah tidak melakukan kajian evaluasi yang komprehensif terhadap RUU KPK dan juga tidak melakukan sosialisasi ke masyarakat," ucap Dadang.

Selain itu, pihaknya juga mendesak agar DPR untuk segera menarik revisi UU KPK yang telah disepakati.

"Poin-poin perubahan yang diusulkan sangat berpotensi mengurangi kewenangan dan independensi yang dimiliki KPK saat ini," ucap dia.

Hal itu diperkuat dengan tidak adanya basis kajian mendalam terhadap revisi UU KPK yang diikuti dengan tidak adanya proses yang transparan, akuntabel, dan partisipatif.

"Kondisi ini justru akan berdampak buruk bagi penegakan hukum korupsi di Indonesia," ujar Dadang.

Halaman:

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X