Survei Tunjukkan Elektabilitas PSI Alami Kenaikan

- Rabu, 6 Maret 2019 | 11:45 WIB
Ketua PSI Grace Natalie
Ketua PSI Grace Natalie

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM--Center for Political Communication Studies (CPCS) merilis survei dan menyebutkan elektabilitas partai baru Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengalami kenaikan signifikan. Sementara elektabilitas PDIP dan Gerindra masih mengungguli semua partai politik.

\"Elektabilitas parpol lain cenderung stabil, hanya PSI yang mengalami kenaikan signifikan, mencapai 4,2 persen,\" kata Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta SK dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Meskipun turun dari survei sebelumnya pada bulan Januari, PDIP tetap meraih elektabilitas tertinggi sebesar 23,0 persen. Gerindra naik tipis menjadi 16,1 persen. Menurut Okta, naiknya elektabilitas PSI didukung oleh sosialisasi yang cukup efektif dilakukan selama musim kampanye.

Sebagai parpol baru dengan segmen sasaran generasi milenial, PSI paling banyak menggunakan media sosial sebagai sarana sosialisasi (34 persen), disusul Gerindra (32,1 persen). 

Penggunaan media massa tradisional lebih banyak dilakukan oleh parpol yang dipimpin oleh pengusaha media, seperti Nasdem (38,9 persen) dan Perindo (37,0 persen).

\"Parpol besar lain turut efektif menggunakan media massa berkat pemberitaan yang cukup masif, khususnya terkait dengan pilpres,\" jelas Okta. 

AYO BACA : KPU Selidiki 103 WNA Pemilik KTP Elektronik

Misalnya Gerindra (29,5 persen), PDIP (24,3 persen), dan Demokrat (22 persen). Selain itu, pemasangan alat peraga kampanye (APK) tidak terhindarkan menjadi cara paling efektif dilakukan oleh parpol lama.

\"Demokrat tercatat paling banyak menggunakan APK sebagai medium sosialisasi (32,2 persen),\" kata Okta. 

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Galau Webcam Diretas? Ini 6 Cara Deteksi

Senin, 29 November 2021 | 19:00 WIB
X