Polri Gagalkan 8 Kontainer Isi 121 Ton Minyak Goreng Siap Kirim ke Timor Leste

- Jumat, 13 Mei 2022 | 19:30 WIB
Polisi menunjukan barang bukti minyak goreng yang sengaja ditimbun dan hendak diselundupkan ke Timor Leste. (Dok. Humas Polri,)
Polisi menunjukan barang bukti minyak goreng yang sengaja ditimbun dan hendak diselundupkan ke Timor Leste. (Dok. Humas Polri,)

KEBAYORAN BARU, AYOJAKARTA.COM-- Bareskrim Polri bersama Polda Jawa Timur menggagalkan upaya penyelundupan 8 kontainer berisikan minyak goreng yang akan di kirim dari Jawa Timur ke negara Timor Leste

Kabareskrim Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, menjelaskan 8 kontainer itu berisikan 162.642,6 liter atau 121,985 ton minyak goreng siap ekspor.

"Pengungkapan tersebut bermula dari informasi yang diberikan oleh masyarakat kepada Polres Pelabuhan Tanjung Perak, tentang adanya dugaan pelanggaran Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2022 tentang Larangan sementara ekspor Crude Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil, Refined, Bleached and Deodorized Palm Olein and Used Cooking Oil," ujarnya, dikutip dari laman resmi Polri, Jumat 13 Mei 2022.

Baca Juga: Kejati DKI Jakarta Periksa 6 Saksi Terkait Korupsi Ekspor Minyak Goreng

Dalam kasus ini, petugas kepolisian mengamankan dua orang tersangka berinisial R (60) dan E (44). Kedua tersangka diduga berperan sebagai eksportir minyak goreng.

Agus menjelaskan, diduga ada sebanyak 11 kontainer berisikan minyak goreng siap ekspor, namun tiga kontainer lainnya telah berada di Timor Leste.

Saat ini, lanjut Agus, petugas kepolisian tengah berkoordinasi dengan Ditjen Bea Cukai untuk melakukan penarikan tiga kontainer yang berada di Timor Leste tersebut.

"Delapan kontainer yang berisikan minyak goreng dengan merek Linse, Tropis dan Tropical telah diamankan oleh Polres Pelabuhan Tanjung Perak," katanya.

Dalam melancarkan aksinya, kata Agus, para pelaku mengelabui petugas Bea Cukai dengan memasukkan barang yang tidak sesuai dengan pos tarif atau HS dan invoice Persetujuan Ekspor Barang (PEB).

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aduh!  Brian Personil SO7 Hengkang, Ada Apa?

Rabu, 11 Mei 2022 | 15:25 WIB

Polri Tembak Mati Satu DPO Kelompok Teroris MIT

Jumat, 29 April 2022 | 07:55 WIB
X