Ini Dia Figur Capres 2024 yang Diinginkan Rakyat, LSI: Pemimpin yang Bekerja Melayani Rakyat, Bukan Dilayani

- Rabu, 19 Januari 2022 | 06:00 WIB
Ilustrasi Survei Calon Presiden (Capres) 2024/ Pixabay
Ilustrasi Survei Calon Presiden (Capres) 2024/ Pixabay

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM—Laboratorium Survei Indonesia (LSI) memaparkan hasil penelitian dan survei terhadap figur calon presiden (Capres) 2024 yang diinginkan masyarakat.

Berdasarkan hasil survei, didapat bahwa figur Capres 2024 yang diinginkan masyarakat dalam menghadapi dampak ekonomi dan sosial akibat Covid-19 adalah figur pemimpin yang mau bekerja melayani rakyat, bukan minta dilayani diinginkan oleh 83,6 persen responden.

Kemudian menurut 86,6 persen responden saat ini bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin yang mau mendengar apa keluh kesah dan problema rakyatnya, setelah itu bekerja keras menyelesaikan problema rakyatnya.

"Sebanyak 90,6 persen responden setuju bahwa saat ini bangsa Indonesia membutuhkan pemimpin yang bisa mengangkat taraf hidup dan kesejahteraan masyaraakat, serta tegas namun terarah dalam menerapkan program program nya serta menegakkan peraturan," kata Direktur Eksekutif Laboratorium Survei Indonesia (LSI) Albertus Dino Albertus, Senin (17/1/2022).

Baca Juga: Laboratorium Survei Indonesia: Airlangga Hartarto Paling Banyak Diinginkan dan Dipilih sebagai Presiden

Dalam siaran pers yang diterima Ayojakarta.com, Albertus juga menjelaskan hasil penelitian tentang preferensi masyarakat terhadap dinamika politik nasional, jika pemilu digelar saat ini.

Dengan pertanyaan secara spontan partai Politik yang paling memberikan kontribusi terhadap program-program penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi, maka Partai Golkar dinilai oleh sebanyak 89,3 persen responden sebagai partai politik yang paling berkontribusi.

Kemudian diurutan kedua PDI Perjuangan dinilai oleh sebanyak 76,4 persen sebagai partai yang berkontribusi dalam penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi, lalu PKB 73,9 persen, Partai Nasdem 70,6 persen, Partai Gerindra 62,7 persen, PPP 52,7 persen, PAN 51,9 persen, PKS 20,8 persen, dan Partai Demokrat 20,1 persen.

Hasil penelitian melalui survei dengan memberikan pertanyaan kepada 1.850 responden secara terbuka dengan pertanyaan partai politik mana yang akan dipilih jika pemilu digelar hari ini, maka hasilnya menempatkan PDI Perjuangan sebagai partai politik dengan tingkat keterpilihan tertinggi. PDIP memiliki elektabilitas 14,2 persen.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Aduh!  Brian Personil SO7 Hengkang, Ada Apa?

Rabu, 11 Mei 2022 | 15:25 WIB

Polri Tembak Mati Satu DPO Kelompok Teroris MIT

Jumat, 29 April 2022 | 07:55 WIB
X