Langkah Hati-hati di Tengah Optimisme Indonesia Menuju Endemi Covid-19

- Rabu, 24 November 2021 | 10:09 WIB
Ilustrasi  (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA - Harapan muncul di tengah terkendalinya kasus Covid-19 di Indonesia selama tiga bulan terakhir. Optimisme menuju endemi Covid-19 pun kian besar seiring dengan berbagai upaya pemerintah menekan potensi lonjakan gelombang ketiga. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa kasus Covid-19 yang terkendali di Indonesia perlu dibarengi dengan sikap kehati-hatian serta tetap waspada, mengingat lonjakan kasus yang terjadi di berbagai negara di dunia. 

"Kita berharap perkembangan kasus di Indonesia yang semakin baik ini tetap bertahan. Bahkan pasca periode nataru yang seringkali menimbulkan lonjakan kasus," kata Wiku dalam keterangan resminya belum lama ini. 

 

"Perlu menjadi perhatian juga, transisi menuju endemi dapat sewaktu-waktu terhambat akibat lonjakan kasus yang kembali terjadi," lanjut dia. 

Adapun yang dimaksud dengan endemi adalah kondisi dimana kasus masih tetap ada di beberapa wilayah dengan jumlah kasus yang rendah dengan laju penularan stagnan.

Lebih jauh Wiku mengatakan, demi bisa menuju endemi, maka dibutuhkan kerjasama berbagai elemen masyarakat, juga sinergi antara pemerintah pusat dan daerah. Ada sejumlah upaya yang dapat dilakukan agar target menuju endemi dapat terealisasi.

Pertama, penetapan indikator endemi secara luas atau percakupan daerah dilakukan oleh pemerintah dan berkonsultasi dengan pakar.

Kedua, pemantauan kasus melalui surveilans kasus dan genomik Covid-19 secara konsisten.

Halaman:

Editor: Firda Puri

Tags

Terkini

Galau Webcam Diretas? Ini 6 Cara Deteksi

Senin, 29 November 2021 | 19:00 WIB
X