Peserta Kartu Prakerja 2021: Waktumu Tinggal 10 Hari Cairkan Rp 3,55 Juta

- Sabtu, 20 November 2021 | 17:01 WIB
Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 22 (Ilustrasi/Istimewa)
Pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 22 (Ilustrasi/Istimewa)
 
TEBET, AYOJAKARTA -- Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja memberikan imbauan bagi peserta Kartu Prakerja gelombang 12 hingga 22. Imbauan tersebut mengatakan agar para peserta untuk segera menggunakan saldo pelatihan. 
 
Adapun batas akhir penggunaan saldo pelatihan bagi peserta di gelombang 12 hingga 22 yaitu pada 30 November 2021. Setelah melewati tanggal tersebut, para peserta Kartu Prakerja tidak bisa menggunakan saldo Kartu Prakerja dan tidak bisa lagi membeli pelatihan yang diinginkan.
 
"Jadi, jangan lupa untuk memanfaatkan saldo pelatihan Kartu Prakerja Sobat dengan maksimal, dan selesaikan pelatihannya segera, ya!," tulis unggahan terakhir sosial media resmi prakerja.go.id, belum lama ini. 
 
Adapun saldo pelatihan yang diberikan ke masing-masing peserta yaitu sebesar Rp 1 juta. Saldo pelatihan terdiri dari 16 angka Nomor Kartu Prakerja. Cara menggunakannya sama seperti menggunakan kartu debit atau kartu kredit untuk berbelanja secara online.
 
Lantas bagaimana cara untuk menghabiskan saldo pelatihan agar tidak hangus? Berikut Ayojakarta merangkum tata cara membeli pelatihan:
 
1. Pilih salah satu dari 7 platform yang ada di dashboard Kartu Prakerja, baik sesuai skill maupun minat
 
2. Pilih pelatihan dengan harga yang sesuai atau tidak melebihi nominal yang dimiliki saat ini
 
3. Jika sudah memilih program pelatihan, klik tombol ‘Beli’
 
4. Salin nomor Kartu Prakerja Anda di laman dashboard
 
5. Tempel nomor Kartu Prakerja yang sudah disalin ke menu pembelian pelatihan
 
6. Tunggu hingga transaksi berhasil
 
Dalam 7 mitra pelatihan tersebut, ada banyak pelatihan yang dapat diambil oleh para penerima Kartu Prakerja, baik yang sesuai dengan skill maupun minat. Nantinya, mereka harus menyelesaikan pelatihan yang dipilih untuk mendapatkan sertifikat dan memberikan rating atau survei, guna pencairan insentif.
 
Peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta. Rinciannya, peserta akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta (tidak bisa dicairkan), insentif pasca-pelatihan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan, dan insentif survei sebesar Rp 50 ribu untuk tiga kali atau Rp 150 ribu.

Editor: Firda Puri

Tags

Terkini

Galau Webcam Diretas? Ini 6 Cara Deteksi

Senin, 29 November 2021 | 19:00 WIB
X