Hindari Naiknya Kasus Covid-19, ASN Hingga Pegawai Swasta Dilarang Cuti Akhir Tahun

- Jumat, 19 November 2021 | 13:49 WIB
Ilustrasi (pixabay)
Ilustrasi (pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA – Pemerintah terus menekan adanya kemungkinan gelombang ketiga Covid-19 menjelang periode Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). Berbagai strategi telah dan akan dilakukan pemerintah.

Juru Bicara Pemerintah Khusus Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito membeberkan bahwa strategi tersebut adalah adanya larangan cuti atau libur bagi ASN, TNI, Polri, karyawan BUMN, hingga karyawan swasta selama libur akhir tahun.

“Dimana dilakukan peniadaan libur cuti bersama di tanggal 24 Desember 2021 dan larangan pengambilan jatah cuti di akhir tahun,” ujar Wiku dalam konferensi persnya, Jumat 19 November 2021.

Kebijakan tersebut diambil, kata Wiku, untuk meminimalisir pergerakan masyarakat yang tidak mendesak. Selain itu pemerintah juga akan menerapkan PPKM Level 3 secara nasional di tanggal tersebut hingga setidaknya 2 Januari 2022.

Dia membeberkan, nantinya kebijakan terkait syarat bepergian jelang periode Nataru akan diatur dalam surat edaran (SE) Satgas maupun Kementerian Perhubungan yang terbaru.

“Strategi ini ditetapkan untuk menjamin orang yang bepergian adalah orang-orang yang benar-benar sehat, yang tidak terinfeksi dan mencegah adanya kasus impor,” imbuhnya.

Nantinya, pengawasan kebijakan pengendalian itu akan sampai ke tingkat komuniktas. Wiku menuturkan, pendisiplinan secara langsung juga akan diterapkan mengingat apa yang sudah diatur dalam kebijakan, dapat diterapkan secara menyeluruh hingga ke wilayah administrasi terendah. 

Editor: Firda Puri

Tags

Terkini

Galau Webcam Diretas? Ini 6 Cara Deteksi

Senin, 29 November 2021 | 19:00 WIB
X