Ini Materi Wajib yang Harus Dikuasai Agar Lolos Tes SKD CPNS 2021

- Selasa, 14 September 2021 | 12:43 WIB
Ilustrasi Tes SKD CPNS 2021 (AyoBandung)
Ilustrasi Tes SKD CPNS 2021 (AyoBandung)

TEBET, AYOJAKARTA - Peserta CPNS tahun 2021 akan menunggu giliran untuk melaksanakan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) 2021. Lalu Apakah Anda sudah tahu apa saja materi soal SKD CPNS 2021?

Pada kesempatan ini, Suara.com-jejaring ayojakarta akan mengulas tentang materi soal SKD CPNS 2021. Dijelaskan dalam PermenPANRB Nomor 27 Tahun 2021 bahwa secara total terdapat 110 soal dengan rincian sebagai berikut:

  1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 30 soal
  2. Tes Intelegensi Umum (TIU) 35 soal
  3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 45 soal

Dari keseluruhan total 100 soal yang diberikan para peserta akan diberikan waktu pengerjaan 100 menit. Dengan catatan untuk materi soal TIU dan TWK setiap jawaban yang benar akan diberi nilai 5 sementara jawaban salah atau dikosongkan bernilai 0.

Sedangkan untuk soal dengan materi TKP, setiap soal yang terjawab atau tidak kosong nilai yang diberikan paling rendah adalah 1 dan paling benar adalah 5, apabila soal tidak terjawab maka nilai yang diberikan adalah 0.

Berdasarkan penjelasan yang dipaparkan melalui akun YouTube resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, berikut adalah materi soal SKD CPNS 2021 yang terdiri dari ujian TWK, TIU dan TKP.

Materi Soal SKD CPNS 2021 untuk TWK

  1. Nasionalisme
    Mampu mewujudkan kepentingan nasional melalui cita-cita dan tujuan yang sama dengan tetap mempertahankan identitas nasional.
  2. Integritas
    Mampu menjunjung tinggi kejujuran, ketangguhan, komitmen dan konsistensi sebagai satu kesatuan sikap untuk mencapai tujuan nasional.
  3. Bela Negara
    Mampu berperan aktif dalam mempertahankan eksistensi bangsa dan negara.
  4. Pilar Negara
    Mampu membentuk karakter positif melalui pemahaman dan pengamalan nilai-nilai dalam Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.
  5. Bahasa Indonesia
    Mampu menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang sangat penting kedudukannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Materi Soal SKD CPNS 2021 untuk TIU

1.       Verbal

  1. Analogi
    Mengukur kemampuan individu dalam bernalar melalui perbandingan dua konsep kata yang memiliki hubungan tertentu kemudian menggunakan konsep hubungan tersebut pada situasi yang lain.
  2. Silogisme
    Mengukur kemampan individu untuk menarik kesimpulan dari dua pernyataan yang diberikan.
  3. Analitis
    Mengukur kemampuan individu untuk menganalisis informasi yang diberikan dan menarik kesimpulan.

2.       Numerik

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X