Kejar Target Herd Immunity, Masyarakat Diminta Tak Pilih-pilih Vaksin Covid-19

- Senin, 13 September 2021 | 19:36 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Pixabay)
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA - Masyarakat diminta untuk tidak pilih-pilih vaksin agar herd immunity atau kekebalan komunal dapat segera tercapai.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementrian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi dalam keterangan pers di Jakarta, (Senin 13/09/2021)

Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, apapun bentuknya semua vaksin COVID-19 yang digunakan di Indonesia terbukti aman dan berkhasiat.

“Kita masih harus bekerja keras untuk memenuhi target vaksinasi, mengingat masih ada sejumlah daerah yang capaian vaksinasinya masih di bawah 20 persen dari target sasaran. Untuk daerah yang masih rendah capaian vaksinasinya, diharapkan bisa mempercepat agar pandemi dapat segera terkendalikan,” ujarnya.

Menurut Siti Nadia Tarmizi, Indonesia memerlukan kolaborasi berbagai pihak untuk mempercepat dan memperluas program vaksinasi, terutama di daerah-daerah yang capaian vaksinasinya masih rendah. Kolaborasi ini, tidak hanya melibatkan pemerintah maupun instansi terkait, tetapi juga peran serta masyarakat secara luas.

Sementara itu Indonesia terus menambah stok vaksin jadi maupun bentuk bahan baku, "Dalam dua hari ini, Indonesia mendapatkan tambahan ketersediaan vaksin jadi sekitar 9,5 juta dosis. Dengan demikian, vaksin yang sudah tiba di Indonesia hingga saat ini mencapai 240 juta dosis lebih, baik dalam bentuk bahan baku maupun vaksin jadi," jelasnya.

Dia menjelaskan, Pemerintah Indonesia menerima vaksin COVID-19 dalam bentuk jadi sekitar 9,5 juta dosis melalui tiga gelombang pengiriman yang tiba di Bandara Soekarno Hatta, Ahad (12/9/2021) dan Senin (13/9/2021).

"Dalam dua hari ini, Indonesia mendapatkan tambahan ketersediaan vaksin jadi sekitar 9,5 juta dosis. Dengan demikian, vaksin yang sudah tiba di Indonesia hingga saat ini mencapai 240 juta dosis lebih, baik dalam bentuk bahan baku maupun vaksin jadi”.

 

Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa seluruh vaksin itu tiba di Indonesia melalui pengiriman tahap 58, 59, dan 60.

Halaman:

Editor: Firda Puri

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

3 Doa yang Dianjurkan Diamalkan di Hari Jumat

Jumat, 17 September 2021 | 07:39 WIB
X