Sebelum Nusantara Penajam Paser, Ini 4 Kawasan yang Sempat Jadi Ibu Kota Indonesia

- Kamis, 20 Januari 2022 | 06:00 WIB
Desain ibu kota baru di Kalimantan Timur. (Foto: Hops.id)
Desain ibu kota baru di Kalimantan Timur. (Foto: Hops.id)

JAKARTA, AYOJAKARTA-- Pada tanggal 17 Januari 2022 Jokowi mengumumkan nama ibu kota baru di Kalimantan Timur adalah Nusantara.

Meski memiliki sejarah panjang dan segala pertimbangan untuk memindahkan sebuah Ibu Kota, Namun Kalimantan Timur bukanlah yang pertama setelah Jakarta.

Sebelumnya pada 26 Agustus 2019, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa ibu kota baru akan dibangun di wilayah administratif Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Sebelumnya, ada beberapa daerah lain yang sempat menjadi ibu kota negara sebelum akhirnya kembali ke Jakarta atau dikenal denga Batavia di masanya.

Baca Juga: Perhatian Penting untuk Warga Jakarta! Wagub Minta Waspadai Lonjakan Omicron di Ibu Kota

Melansir dari Suarakalbar.id Kamis (20/1/2022) ini ada 4 tempat lain yang pernah menjadi Ibu Kota sebelum nama Nusantara Penajam Paser dimunculkan termasuk Jakarta salah satunya:

1. Yogyakarta

Pemindahan ibu kota kali pertama adalah dari Jakarta ke Yogyakarta, pada 29 September 1945. Kala itu, Jakarta jatuh ke tangan Belanda.

Atas saran Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Pakualam VIII pada 4 Januari 1946, ibu kota Indonesia resmi pindah ke Kota Yogyakarta. Yogyakarta menjadi Ibu Kota Indonesia pertama usai kemerdekaan.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X