Astaga! Hacker Korea Berhasil Curi Rp5,7 Triliun Mata Uang Kripto

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi Bitcoin Kripto. (trendasia)
Ilustrasi Bitcoin Kripto. (trendasia)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Kewaspadaan hendaknya mulai ditingkatkan pada investasi apapun juga.

Baru-baru ini ramai diberitakan peretas alias hacker dari Korea Utara (Korut) berhasil menembus 7 pertukaran mata uang kripto dan mencuci uangnya.

Melansir dari NBC News melalui Republika Sabtu (15/1/2022) peneliti menemukan peretas dari Korea Utara melakukan pencucian uang digital pada 2021.

Para peneliti di Chainalysis menginformasikan sebuah perusahaan yang memantau transaksi di blockchain, mengatakan, taktik itu sangat efektif tahun lalu.

Baca Juga: Trader Aset Kripto Raup Untung Dalam Sehari Saat Corona

“Peretas Korea Utara berhasil menembus setidaknya tujuh pertukaran mata uang kripto dan mencuci uangnya,”  kata peneliti.

Hasil temuan juga menginformasikan peretas Korea Utara berhasil mencuri hampir 400 juta dolar (Rp5,7 triliun) dalam cryptocurrency pada 2021, khususnya ethereum.

Negara yang terisolasi ini telah lama mengandalkan korps peretasnya untuk membobol lembaga keuangan di seluruh dunia untuk mencuri uang

Dalam beberapa tahun terakhir, para peretas tersebut semakin fokus pada perusahaan yang menangani dan memperdagangkan mata uang kripto, yang disimpan dalam dompet digital dan dapat dengan mudah dikirim ke seluruh dunia jika seorang peretas memperoleh akses.

Halaman:

Editor: Rahajeng Pramesi

Sumber: Republika

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X