JIPFest Diharapkan Gerakkan Pariwisata dan Ekonomi DKI Jakarta Pasca Covid-19

- Rabu, 17 November 2021 | 16:15 WIB

TEBET, AYOJAKARTA – Jakarta International Photo Festival (JIPFest) kembali diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) DKI Jakarta. Edisi kedua festival ini berlangsung di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat sejak 13 hingga 28 November 2021.

Karya-karya masa kini dipajang di tempat-tempat yang mengabadikan masa lalu. Lokasi yang digunakan JIPFest yaitu, Candra Naya & Novotel Jakarta Gajah Mada, MULA Kotatua Jakarta, Historia Food & Bar, dan Taman Fatahillah

Festival foto berskala internasional ini menampilkan 10 program dan lebih dari 40 bintang tamu. Bertindak sebagai kurator tahun ini adalah Kurniadi Widodo (Yogyakarta), Ng Swan Ti (Jakarta), dan Sayed Asif Mahmud (Dhaka, Bangladesh).

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta Andhika Permata mengatakan, JIPFest 2021 yang mengusung tema SPACE digelar dengan niat mengeksplorasi isu ‘ruang’ dalam beragam tafsir dan bentuk, dari ruang publik, ruang batin, hingga ruang-ruang maya.

"Meski tidak mudah menggelar acara di masa pandemi, kami berharap JIPFest akan menjadi semacam percontohan acara yang menggerakkan kembali pariwisata dan ekonomi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," ujarnya dilansir dari beritajakarta.id, Rabu 17 Agustus 2021.

Sementara itu, Festival Director JIPFest 2021 Cristian Rahadiansyah menyampaikan, JIPFest tahun ini bukan hanya menjadi sebuah perayaan fotografi, tapi juga bagian dari pemulihan Jakarta dari pandemi.

"Suka atau tidak suka, pandemi adalah bagian dari realitas hidup, dan belum bisa diprediksi kapan akan berakhir. Yang bisa kita lakukan ialah berupaya agar kehidupan terus bergerak sembari memastikan kesehatan tetap terjaga. Kami berharap JIPFest bisa menjaga keseimbangan itu," tandasnya.

Untuk diketahui, lebih dari 40 pelaku fotografi, seni, dan budaya, juga akademisi akan hadir sebagai bintang tamu JIPFest 2021. Beberapa nama yang telah mengonfirmasi kehadirannya ialah Amalia Trisna Sari (sinematografer), Beawiharta (fotografer dan editor foto), Joshua Irwandi (fotografer dokumenter), Teguh Widjaja (pembuat buku foto Pandemi), Ulet Ifansasti (pewarta foto), dan Yudhi Soerjoatmodjo (produser, kurator, edukator).

JIPFest 2021 menghadirkan 10 program, mayoritas terbuka gratis untuk umum. Selain Photo Exhibition, ada program Workshop yang bertujuan meningkatkan keahlian pelaku fotografi.

Dalam program Public Lecture, Discussion, dan Artist Talk, pengunjung bisa mengikuti presentasi dan perdebatan beragam isu seputar fotografi. Tak kalah menarik, ada program Photo Book Exhibition yang menampilkan 26 buku foto hasil seleksi. Ikuti juga program Projection Night, yakni layar tancap khusus karya foto dan multimedia.

Halaman:

Editor: Firda Puri

Tags

Terkini

Penumpang KRL Turun 1 Persen Dibanding Pekan Lalu

Senin, 15 November 2021 | 18:13 WIB

Ini Persiapan Pemprov DKI Antisipasi Curah Hujan Tinggi

Minggu, 14 November 2021 | 20:59 WIB
X