Perluas Lahan Makam di Jaktim, Pengerukan Tahap I TPU Bambu Apus Rampung

- Selasa, 16 November 2021 | 19:36 WIB
Pengurukan lahan TPU Bambu Apus, Cipayung, Jaktim/dok: beritajakarta.id
Pengurukan lahan TPU Bambu Apus, Cipayung, Jaktim/dok: beritajakarta.id

CIPAYUNG, AYOJAKARTA - Pengerukan tahap I lahan Taman Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus yang dimulai sejak 5 bulan lalu telah rampung.

Kepala Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Christian mengatakan, pengerukan lahan TPU seluas 2,5 hektar yang berlokasi di Jalan Bambu Wulung, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur itu mengerahkan tiga alat berat.

"Alat berat yang dikerahkan merupakan perbantuan dari Sudin Bina Marga dan Sudin Lingkungan Hidup. Pengerjaan tahap I rampung pada 10 November lalu," ujarnya, Selasa (16/11).

Ia melanjutkan, tanah yang digunakan untuk pengurukan ini berasal dari proyek pengerukan Waduk Munjul, Waduk Tiu dan pembuatan sumur resapan di sejumlah lokasi di Jakarta Timur.

"Saat ini kita sedang melakukan pengurukan lahan lanjutan di TPU Bambu Apus yang masih berupa rawa-rawa. Ini untuk perluasan area makam di TPU," terangnya.

Terpisah, Pengawas TPU Zona 19 Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Muhaimin menjelaskan, TPU Bambu Apus menjadi salah satu solusi pemenuhan kebutuhan lahan makam di Jakarta Timur yang jumlahnya semakin terbatas.

Sebelumnya, di lokasi tersebut telah diuruk lahan seluas 2,5 hektar yang dijadikan lahan pemakaman Covid-19.

"Saat ini secara bertahap kita uruk yang 2,5 hektar untuk pemakaman non-Covid-19 atau umum. Kemudian, area seluas 3.000 meter persegi di kawasan yang sama akan digunakan untuk embung," ujar dia. 

 

Halaman:

Editor: Firda Puri

Tags

Terkini

KJP Plus November 2021: Cek Daftar Penerima di Sini

Minggu, 14 November 2021 | 21:11 WIB
X