Sumur Resapan Dikritik, Ariza Optimistis Efektif Surutkan Genangan Banjir

- Selasa, 16 November 2021 | 17:27 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Suara.com)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Suara.com)

GAMBIR, AYOJAKARTA - Beberapa hari terakhir ini, proyek sumur resapan yang dibangun Pemprov DKI yang dibangun di atas trotoar jalan, mendapatkan kritik dari sejumlah pihak karena meragukan daya sumur itu dapat maksimal mengatasi genangan banjir.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengklaim sejauh ini hadirnya sumur resapan dirasa cukup membantu percepatan genangan air yang ada ketika musim hujan melanda ibu kota untuk segera surut dalam waktu yang tak lama.

"Sumur resapan tentu setiap tahun kita bangun. Tidak hanya itu, semua program pemerintah terus dievaluasi, termasuk sumur resapan kita akan perhatikan kembali titiknya letaknya, supaya lebih efektif," ujar pria yang akrab disapa Ariza ini dalam keterangan pers video, Selasa (16/11).

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR RI Fraksi Gerindra ini menuturkan, kehadiran sumur resapan termasuk untuk merealisasikan target Pemprov DKI dalam menyurutkan genangan banjir dalam waktu 6 jam.

"Seperti yang sudah disampaikan oleh pak Gubernur, semua jajaran diminta untuk memsastikan kesiapannya dan membantu agar genangan harus segera surut tidak lebih dari 6 jam," ujar Ariza.

Ia melanjutkan, lokasi titik-titik sumur resapan tersebar di seluruh wilayah ibu kota, terutama di wilayah yang berpotensi terjadinya genangan banjir, serta di wilayah Jakarta Utara yang biasanya terjadi banjir rob dikarenakan daerahnya sangat rendah, sehingga air laut masuk ke daratan.

"Khusus di Jakarta Utara kami berkolaborasi dengan pemerintah pusat untuk membangun tanggul," jelasnya.

"Sekali lagi seluruh upaya kita kerjakan mohon semua bisa melihat dan meninjau serta mengecek sejauh mana upaya yang kita lakukan dan apa hasilnya. Sejauh ini cukup baik bisa juga dilihat dari sistem dan komitmen kami menganggarkan APBD yang kami siapkan untuk pengendalian banjir itu besar sekali yang paling besar dari bidang yang lain," imbuhnya.

 

Halaman:

Editor: Firda Puri

Tags

Terkini

Penumpang KRL Turun 1 Persen Dibanding Pekan Lalu

Senin, 15 November 2021 | 18:13 WIB

Ini Persiapan Pemprov DKI Antisipasi Curah Hujan Tinggi

Minggu, 14 November 2021 | 20:59 WIB
X