DKI Capai Target 10 Besar dan 25 Emas di Peparnas XVI Papua

- Senin, 15 November 2021 | 18:04 WIB
Para atlet kontingen DKI Jakarta dalam ajang Peparnas XVI Papua/dok: beritajakarta.id
Para atlet kontingen DKI Jakarta dalam ajang Peparnas XVI Papua/dok: beritajakarta.id

GAMBIR, AYOJAKARTA - Target kontingen DKI Jakarta dalam penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI masuk 10 besar dan perolehan medali emas berhasil dicapai.

Chief de Mission (CdM) Kontingen DKI Jakarta di Peparnas XVI, Tedi Cahyono mengatakan, meski belum berhasil menjadi juara umum, DKI Jakarta berhasil meraih 25 medali emas, 32 medali perak, dan 41 medali perunggu, dan berada di peringkat enam di akhir kompetisi.

"Alhamdulillah, ini merupakan pencapaian prestasi signifikan. Sebab di Peparnas XV, DKI Jakarta berada di peringkat 11 dengan 15 medali emas," kata Tedi dalam keterangannya, Senin (15/11).

"Bahkan, beberapa atlet targetnya perunggu, justru meraih medali emas contohnya di cabang olahraga tenis meja tuna netra putri, Nabila," sambungnya.

Tedi menjelaskan, empat atlet penyandang disabilitas DKI Jakarta juga berhasil memecahkan rekor di Peparnas XVI Papua 2021. Tiga atlet memecahkan rekor nasional dan satu atlet untuk rekor Asean Paragames 2017.

Mereka adalah Maria Goreti Sumiyati dan Fajar Budi Pratama dari cabor atletik, Diandra Hasna Fadhillah dan Laura Aurelia Dinda Sekar dari cabor renang. "Selain mencapai target, juga terjadi pemecahan rekor oleh empat atlet DKI Jakarta di ajang ini," ujar Tedi.

Menurutnya, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta akan lebih aktif mengikutsertakan atlet disabilitas binaannya di kompetisi single event maupun multi event khusus disabilitas tingkat internasional.

Selain menambah jam terbang, Dispora DKI mengincar klasifikasi internasional bagi atlet disabilitas binaannya.

"Klasifikasi internasional bersifat tetap, ketika memperoleh itu tidak bisa diganggu gugat saat bertanding di tingkat nasional. Ini membuktikan ada kebangkitan olahraga disabilitas dan membawa nama baik Jakarta di kancah internasional. Tidak ada atlet yang terlatih, tapi atlet yang selalu berlatih, berlatih dan berlatih," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Firda Puri

Tags

Terkini

Penumpang KRL Turun 1 Persen Dibanding Pekan Lalu

Senin, 15 November 2021 | 18:13 WIB

Ini Persiapan Pemprov DKI Antisipasi Curah Hujan Tinggi

Minggu, 14 November 2021 | 20:59 WIB
X