Pompa Dikerahkan Bersihkan Sampah dan Lumpur Sisa Banjir di Kampung Melayu

- Selasa, 9 November 2021 | 13:39 WIB
Genangan banjir di ruas jalan Puri Kembangan, Jakarta Barat/dok: barat.jakarta.go.id
Genangan banjir di ruas jalan Puri Kembangan, Jakarta Barat/dok: barat.jakarta.go.id

KAMPUNG MELAYU, AYOJAKARTA – Wilayah Kampung Melayu Jakarta Timur sempat mengalami banjir dengan ketinggian antara 50 hingga 100 sentimeter pada Senin 8 November 2021. Namun hari ini, banjir tersebut surut dan warga yang mengungsi mulai kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan sisa-sisa lumpur.

Para warga dibantu oleh 25 personel gabungan untuk membersihkan sampah dan lumpur. Mereka fokus melakukan pembersihan di wilayah RW 04 dan 05, dimana dua lokasi ini berdekatan dengan bantaran Kali Ciliwung.  

Lurah Kampung Melayu Angga Harjuno mengatakan, 25 personel yang dikerahkan ini berasal dari unsur PPSU, Satgas Sumber Daya Air (SDA) serta Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur.

Saat ini mereka difokuskan untuk kerja bakti membersihkan sampah dan lumpur sisa genangan di RT 13 /04 dan di RT 10,11 RW 05 lantaran daerah ini yang paling banyak sampah dan lumpurnya. Dia mengatakan, ketebalan lumpur mencapai 15 sentimeter.

Lalu untuk di RW 07 dan 08, kata dia, kondisinya sudah kering lebih awal karena sudah dibersihkan pada Senin (8/11) siang hingga sore kemarin oleh warga yang dibantu PPSU.

"Ada sekitar 25 personel yang dikerahkan untuk membantu warga membersihkan sampah dan lumpur sisa genangan. Ini untuk percepatan penanggulangan pasca banjir," kata Angga seperti dilansir dari beritajakarta.id, Selasa 9 November 2021.

Menurutnya, untuk mempermudah membersihkan lumpur, ada satu unit pompa apung milik Sudin Gulkarmat yang dikerahkan ke lokasi untuk penyemprotan lumpur agar bisa terdorong ke Kali Ciliwung.

"Ditargetkan penanganan sampah dan lumpur sisa genangan rampung hari ini," kata dia. 

Editor: Firda Puri

Tags

Terkini

KJP Plus November 2021: Cek Daftar Penerima di Sini

Minggu, 14 November 2021 | 21:11 WIB
X