Anies Bangun Lagi Kampung Kunir yang Digusur di Era Ahok

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:50 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan membangun kembali Kampung Kunir, Tamansari, Jakarta Barat (Humas Balkot DKI)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan akan membangun kembali Kampung Kunir, Tamansari, Jakarta Barat (Humas Balkot DKI)

TAMAN SARI, AYOJAKARTA - 33 KK warga Kampung Kunir di Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, disiapkan tempat tinggal di Kampung Susun Kunir yang lokasinya tak jauh dari kawasan wisata Kota Tua.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada hari ini meresmikan pencanangan pembangunan Kampung Susun tersebut agar warga Kampung Kunir segera mendapatkan hunian yang layak pada Agustus 2022.

"Seringkali kita bertemu dengan situasi di mana untuk menjalankan kepentingan besar, berdampak kepada hajat hidup masyarakat. Saat ini yang kita kerjakan adalah memastikan keadilan hadir, perlindungan diberikan, dan memastikan warga mendapatkan hak untuk memiliki permukiman layak," ujar Anies dikutip dari PPID, Kamis (14/10/2021).

Pemprov DKI berkomitmen untuk merealisasikan hal tersebut. Semua hal ini tidak lepas dari keinginan pemerintah yang berharap warganya memiliki hunian untuk membangun masa depan, khususnya bagi warga Kampung Kunir.

"Sebelumnya, kita telah menuntaskannya di Kampung Akuarium. Teman-teman pasti sudah mengetahui tempatnya yang telah layak untuk dihuni, apalagi tahun lalu untuk pencanangan peletakan batu pertama. Kita ingin merasakan hal yang sama untuk warga Kampung Kunir," kata Anies.

Diketahui, bangunan Kampung Susun Kunir terdiri dari 4 lantai yang tersusun dari 33 unit hunian beserta sarana dan prasarana pendukung, seperti ruang usaha warga, area komunal, serta galeri sejarah dan area display situs arkeologi berupa penanda jejak tembok Kota Tua.

Area Kampung Susun akan memanfaatkan lahan seluas 860 meter persegi yang merupakan bagian dari area lahan yang tercatat sebagai aset Kantor Kecamatan Taman Sari seluas 4.963 meter persegi.

"Konsep kampungnya dipertahankan dengan rancangan yang sesuai. Oleh karena itu, kami berterima kasih kepada  tim yang sudah merancang tempat ini sesuai dengan setting lokasinya," tandasnya.

Sebagai informasi, pada jaman Gubernur DKI Jakarta era Basuki Tjahaja Purnanama (Ahok), warga di wilayah Kampung Kunir digusur dengan dalih banyak rumah yang berdiri di bantaran Kali Ciliwung dan tak berizin. Setelah itu, ketika Anies terpilih menjadi kepala daerah, ia berjanji membangun selter untuk warga Kampung Kunir yang digusur serta melakukan penataan bagi 20 kampung kota lainnya.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Polisi Gerebek Kantor Pinjol Ilegal di Cengkareng

Kamis, 14 Oktober 2021 | 11:50 WIB
X