Polisi Bekuk Pelaku Pencurian Data untuk Belanja Online di Marketplace

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:27 WIB
Polda Metro Jaya Tangkap Pelaku Pencurian Data Untuk Belanja Online di Marketplace
Polda Metro Jaya Tangkap Pelaku Pencurian Data Untuk Belanja Online di Marketplace

KEBAYORANBARU, AYOJAKARTA -- Polda Metro Jaya menangkap dua pelaku penipuan disertai pemalsuan. Dalam kasus ini, pelaku menipu korbannya PT Homekredit Indonesia pada Juni 2021.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan petugas kepolisian masih mencari dua pelaku lainnya yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Dengan dua pelaku yang masih DPO. Jadi ada total 4 pelakunya inisial UA dan SM," ujarnya, Rabu 13 Oktober 2021.

Yusri menjelaskan, modus operandi pelaku yakni membeli dan menggunakan data palsu.

"Modus operandi dari pelaku yakni pertama dia membeli data dulu. Lalu dengan foto selfie pegang KTP seseorang lewat akun telegram yang ada. Dia DPO akun telegram Raha. Masih kami profiling akunnya. Kemudian akun ini dikenal oleh UA melalui akun facebook, dia gak pernah ketemu," jelasnya.

Pelaku membeli data palsu senilai Rp 7,5 juta. Setelah mendapatkan data, pelaku langsung menggunakan data tersebut untuk berbelanja online di salah satu marketplace.

"Dia beli harga 7,5 juta untuk status dan data pribadi berupa selfie bagi pemegang KTP. Setelah dapat data pribadi, pelaku lakukan proses pembelanjaan secara online di aplikasi Tokopedia. Jadi setelah dapat data dan foto ktp di akun telegram Raha, dia pakai untuk belanja di Tokopedia spesialis beli handphone dan koin emas 5 gram," jelas Yusri.

Dalam aksinya, pelaku menggunakan sistem kredit dalam pembayaran belanja online.

"Kemudian sistem pembayaran melalui homekredit ini pelapor, jadi sudah dapat data pribadi seseorang yang dibeli di akun telegram Raha. Data KTP foto ada, kemudian dia belanja di Tokopedia dibayar lewat Homekredit, dilakukan untuk penagihan barang, sehingga penagihan ke data KTP tersebut," tuturnya.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

DPRD DKI Minta Jakpro Profesional Kelola JIS

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 17:11 WIB

KJP Plus Oktober 2021 Sudah Cair Untuk SD dan SMP

Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:30 WIB

Polisi Tangkap Pelaku Begal Payudara di Jakarta Timur

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:10 WIB
X