PTM Tahap 2 Jakarta Urung Dilaksanakan Mulai Hari Ini

- Senin, 27 September 2021 | 07:38 WIB
Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma meninjau pelaksanaan PTM terbatas (dok: Kominfotik Jakpus)
Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma meninjau pelaksanaan PTM terbatas (dok: Kominfotik Jakpus)

TEBET, AYOJAKARTA - Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja Gah, mengaku, pembelajaran tatap muka (PTM) tahap II di DKI ditunda untuk mencegah kerumunan. Menurut dia, hal itu terjadi karena berbarengan dengan kebijakan asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) tingkat SMA.

"Itu dari Kemendikbudristek menghadirkan juga perwakilan siswa ke sekolah, khawatir terjadi kerumunan di sekolah," ujar Taga saat dihubungi awak media, Ahad (26/9).

Taga menambahkan, pelaksanaan PTM terbatas tahap dua ini akan ditunda hingga 1 Oktober 2021. Padahal, jika merunut waktu sebelumnya, PTM lanjutan ini akan digelar Senin (27/9). "Iya artinya yang 899 sekolah itu yang baru lulus kemarin itu yang ditetapkan oleh Ibu Kepala Dinas berbarengan sama 610 sekolah melaksanakan PTM pada 1 Oktober," jelas dia.

Meski ANBK hanya di tingkat menengah atas semua jenjang terpaksa ikut ditunda. Pasalnya, PTM terbatas saling memengaruhi satu sama lain. "PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, khawatir terjadi kerumunan. (Itu) bisa terjadi jika ada satu sekolah terkait ANBK, dekAt dengan PAUD atau sekolah lainnya. Itu yang kita khawatirkan dan hati-hati terjadi kerumunan," ujar dia.

Diketahui, dalam Surat Keputusan Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 984 Tahun 2021 tentang Penetapan Satuan Pendidikan yang Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas tahap dua, ada penambahan jumlah sekolah. Dari 610 pada akhir Agustus lalu, mulai esok, akan dibuka setidaknya 1.509 sekolah.

"Waktu pelaksanaan PTM Terbatas campuran tahap II saat PPKM dimulai dari 27 September dengan evaluasi berkala," tulis surat yang ditandatangani Kadisdik DKI Jakarta, Nahdiana pekan lalu itu. Berdasarkan informasi, penambahan itu meliputi 899 sekolah. Dengan rincian, 809 sekolah umum dari PAUD hingga SMA/SMK.

Editor: Husnul Khatimah

Sumber: Republika.co.id

Tags

Terkini

DPRD DKI Minta Jakpro Profesional Kelola JIS

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 17:11 WIB

KJP Plus Oktober 2021 Sudah Cair Untuk SD dan SMP

Jumat, 22 Oktober 2021 | 13:30 WIB

Polisi Tangkap Pelaku Begal Payudara di Jakarta Timur

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:10 WIB
X