Ini 6 Tanaman Hias yang Bisa Hidup di Dalam Rumah

- Rabu, 4 Agustus 2021 | 06:28 WIB
Ilustrasi aglonema / Pixabay
Ilustrasi aglonema / Pixabay

TEBET, AYOJAKARTA - Siapa yang suka bertanam? Bukan hanya di halaman, tapi meletakkan tanaman hias ke dalam rumah juga akan membuat kesan menjadi lebih hidup.

Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya tak semua tanaman dalam ruangan bisa hidup dengan cahaya alami yang minim. Apalagi jika rumah Anda tidak memiliki jendela dengan cahaya alami di dalamnya. Oleh karena itu, memilih jenis tanaman dalam ruangan haruslah cermat.

Menyadur dari Real Living, berikut enam jenis tanaman yang bisa hidup di ruangan minim cahaya.

  1. Aglonema. Jika Anda baru pertama kali memelihara tanaman, pilihlah Chinese Evergreen atau yang biasa disebut Aglaonema. Dedaunan tropis ini dikenal sangat bandel, karena mampu bertahan selama seminggu meski tanpa disiram. Selain itu, Aglaonema juga tumbuh subur dalam kondisi cahaya sedang hingga rendah, yang membuatnya ideal untuk diletakkan di dalam ruangan. Varietas aglaonema yang lebih gelap akan tumbuh dengan baik di daerah yang teduh, sementara varietas aglaonema yang lebih terang atau berwarna-warni akan membutuhkan cahaya tidak langsung. Ingatlah untuk menjauhkan mereka dari sinar matahari langsung karena hal ini akan membakar daunnya yang cantik. 
  2. Lidah mertua. Dengan daunnya yang berpola kaku, tanaman ular, atau yang juga dikenal sebagai lidah ibu mertua ini secara visual terlihat sangat cantik. Menariknya, tanaman hias yang satu ini tidak membutuhkan banyak cahaya. Bahkan, tanaman ini bisa bertahan hidup dengan pencahayaan buatan. Kamu bisa menggunakan tanaman ini untuk menghias kantor, rumah, atau sekedar untuk mengisi sudut kosong di rumah. Selain itu, yang juga membuat tanaman ini sangat disukai adalah dapat membantu menyaring udara dalam ruangan. Rolling Nature mencatat bahwa tanaman hias pemurni udara ini dapat mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari, dan bahkan dapat mengurangi alergen di dalam rumah. 
  3. Dracaena Janet Craig. Daunnya yang gelap dan bertali tumbuh tegak, membuat tanaman hias ini tampak gagah. Jangan khawatir, karena tanaman ini bisa hidup dengan baik di tempat yang teduh, dan juga tahan kekeringan. Jika ditempatkan di area dengan cahaya redup, tanaman ini hanya perlu disiram setiap dua minggu.
  4. Tanaman Fittonia. Tanaman hias mungil yang satu ini peka terhadap sinar matahari langsung yang kuat, dan akan cepat menderita luka bakar pada daun. Karena itulah, tanaman ini bisa menjadi hiasan di area teduh di rumah. Namun, kamu harus menjaganya tetap lembap dengan cara rutin menyemprotnya. Tanaman Fittonia ini sangat cocok diletakkan di kamar mandi.
  5. Heartleaf Philodendron. Tanaman trailing yang satu ini dikenal sebagai sweetheart, karena memiliki daun mengkilap berbentuk seperti hati. Tanaman ini akan tumbuh lebih cepat di tempat dengan cahaya terang dan tidak langsung, tetapi juga dapat mentolerir area dengan cahaya yang rendah. Anda bisa meletakkan tanaman ini di keranjang gantung dan biarkan menjuntai dengan indah dari rak. Namun jika Anda memiliki hewan peliharaan, maka sebaiknya jauhkan tanaman ini dari mereka.
  6. ZZ plant atau tanaman dolar. Jika Anda adalah orang yang pelupa, maka ZZ plant atau tanaman dolar ini layak ditambahkan ke taman dalam ruangan. Selain tidak membutuhkan banyak sinar matahari, tanaman ini juga dapat mentolerir kekeringan. Berkat akarnya yang bulat, tanaman ini dapat menahan air di dasarnya untuk waktu yang lama. Untuk itu, sirami hanya ketika tanahnya sudah kering saja. Karena, penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan akarnya membusuk.

Beberapa jenis tanaman yang bisa hidup di ruangan dengan cahaya minim atau di tempat gelap tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Selamat bertanam! 

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

HUMOR SANTRI: Beda Kiai dan Gus Versi Gus Dur

Selasa, 28 September 2021 | 09:04 WIB

Waktu Terbaik untuk Salat Dhuha Menurut Hadis Rasulullah

Senin, 27 September 2021 | 08:34 WIB

Begini Cara Membersihkan Brush Make Up

Minggu, 26 September 2021 | 15:44 WIB

Tata Cara Salat Hajat Agar Doa Terkabul

Kamis, 23 September 2021 | 13:25 WIB

Tes Kepribadian: Ketahui Seberapa Cerdas Dirimu

Kamis, 23 September 2021 | 09:37 WIB

Ingin Parfum Tahan Lama? Lakukan Cara Ini!

Senin, 20 September 2021 | 13:20 WIB
X