Wafat Akibat Covid-19 Seperti Apa yang Termasuk Syahid?

- Selasa, 13 Juli 2021 | 09:24 WIB
Ilustrasi (Pixabay)
Ilustrasi (Pixabay)

TEBET, AYOJAKARTA -- Hampir di semua negara di dunia hingga kini masih dalam situasi wabah pandemi Covid-19. Indonesia menjadi salah satu negara yang diterpa wabah ini.  Kehadiranya, berdampak bukan hanya pada sektor Kesehatan, melainkan menerpa hampir di semua sektor. 

Semakin hari, penyebaranya pun kian massif. Banyak yang terpapar wabah ini, sehingga harus menjalani isolasi baik ditempat yang sudah disediakan oleh pemerintah maupun melakukan isolasi di rumah masing-masing. Bahkan, banyak yang harus mendapatkan perawatan intensif di rumah sakit.  

Tidak hanya itu, banyak di antara mereka yang meninggal akibat terpapar wabah ini. Lantas, menjadi sebuah pertanyaan, apakah yang meninggal akibat wabah ini dalam keadaan syahid?  

Menurut anggota komisi Fatwa MUI, KH Mukti Ali Qusyairi, mengatakan  banyak para ulama yang mengaitkan hal ini dengan thaun. Karena bisa menimpa dan menulari banyak orang yang tidak memandang jenis kelamin, usia, kebangsaan dalam satu wilayah bahkan bisa meluas ke banyak wilayah. 

Menurut Imam Ibnu Hajar dalam kitabnya Badz al-Maun Fi Fadhilat At-Thaun mengatakan, seseorang yang terpapar thaun atau wabah, lalu dia meninggal, maka dia meninggal dalam keadaan syahid. 

Mukti Ali menerangkan, dalam hal ini, seseorang yang bisa dikatakan meninggal dalam keadaan syahid atau tidaknya, dilihat dari perilakunya dalam menyikapi wabah. 

Menurutnya, sikap seorang Muslim harus selalu taat menaati protokol Kesehatan sebagai bagian dari ikhtiar dalam menghadapi Covid-19 ini. “Dia ikhtiar menaati protokol Kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, tidak berkrumun. Dia telah ikhtiar agar tidak terpapar corona,’’ kata dia kepada MUI.OR.ID, Kamis (7/1).  

Dalam kondisi seperti ini, jangan sampai kita malah tidak menaati protokol Kesehatan. sebab jika tidak, kita seperti sedang membuat celaka yang tentunya membahayakan diri kita dan orang lain.  

Padahal, kata dia, Allah SWT sudah mengingatkan hambanya untuk tidak melakukan sesuatu yang dapat membahayakan dirinya, seperti  dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 195 yang berbunyi :

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

HUMOR SANTRI: Beda Kiai dan Gus Versi Gus Dur

Selasa, 28 September 2021 | 09:04 WIB

Waktu Terbaik untuk Salat Dhuha Menurut Hadis Rasulullah

Senin, 27 September 2021 | 08:34 WIB

Begini Cara Membersihkan Brush Make Up

Minggu, 26 September 2021 | 15:44 WIB

Tata Cara Salat Hajat Agar Doa Terkabul

Kamis, 23 September 2021 | 13:25 WIB

Tes Kepribadian: Ketahui Seberapa Cerdas Dirimu

Kamis, 23 September 2021 | 09:37 WIB

Ingin Parfum Tahan Lama? Lakukan Cara Ini!

Senin, 20 September 2021 | 13:20 WIB
X