Perajin Rumah Arwah di Semarang, 4 Generasi Masih Bertahan

- Selasa, 1 Desember 2020 | 16:28 WIB
Ong Bing Hok saat mengecek rumah arwah buatannya (ayosemarang.com/Vedyana)
Ong Bing Hok saat mengecek rumah arwah buatannya (ayosemarang.com/Vedyana)

SEMARANG, AYOJAKARTA.COM -- Sudah turun temurun keluarga Ong Bing Hok menjadi pembuat rumah arwah. Mulai dari sang kakek buyutnya yang merupakan orang asli Tionghoa dan sampai kepada dirinya yang merupakan generasi ke-4.

"Bisa dibilang setelah saya nanti bisa saja anak saya meneruskan kerajinan ini. Kalau kakek buyut, saya kurang paham kapan dimulainya, saya kira di tahun 1800an," ujar Ong Bing Hok kepada Ayosemarang, Senin (1/12/2020).

Saat Ayosemarang berkunjung ke workshop rumah arwah miliknya yang terletak di Gang Cilik, kawasan Pecinan Semarang. Terlihat Ong Bing Hok sedang mengawasi dua pekerjanya yang sedang membuat rumah arwah.

Di dalam studio workshopnya, pekerja sedang membuat kerangka rumah arwah terbuat dari bambu yang sudah dipotong kecil-kecil sesuai yang dibutuhkan. Adapun pekerja lainnya, sibuk menempelkan sejumlah bagian untuk dibentuk miniatur sofa mini atau ranjang tidur.

Ong Bing Hok menerangkan, bahan dasar dalam pembuatan rumah arwah termasuk yang mudah ditemui, yakni bambu, aneka macam kertas seperti HVS, karton, buffalo, marmer, concorde, orin, dan lainnya.

"Sebenarnya yang paling sulit dalam pembuatan rumah ini adalah membuat kerangka dari bambu itu. Butuh waktu cukup lama ketimbang saat membuat sejumlah miniatur pelengkap yang harus diletakkan di dalam rumah," katanya.

Dalam kepercayaan Tionghoa, mengirim rumah kertas beserta isi dan lainnya merupakan bekal yang dikirimkan keluarga yang ditinggal oleh mendiang. Menurut informasi yang didapat, dalam tradisi Tionghoa, rumah kertas dan lainnya dibakar pada hari ke-40 pascakematian seseorang.

"Jadi harapannya, mendiang tidak kesusahan di alam sana. Karena sudah memiliki rumah, berbagai macam baju, dan keperluan lainnya," ucapnya.

AYO BACA : Menulis Kaligrafi Tiongkok Mengajarkan Kesabaran dan Keseimbangan Jiwa

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Tips Berkendara Tetap Nyaman Selama Musim Hujan

Selasa, 30 November 2021 | 11:18 WIB

10 Manfaat Air Mawar untuk Kulit

Minggu, 21 November 2021 | 14:02 WIB

Cara Usir Stres dan Kecemasan Menurut Ajaran Islam

Minggu, 21 November 2021 | 10:21 WIB

Ini Waktu Paling Pas untuk Minum Kopi

Minggu, 21 November 2021 | 09:09 WIB

Pengalaman Unik dari Hobi Koleksi Barang Bekas

Kamis, 18 November 2021 | 08:50 WIB

10 Tips Agar Makeup Terlihat Flawless Seharian

Selasa, 16 November 2021 | 12:10 WIB
X