Volume Sampah di Kepulauan Seribu Juga Turun, Bahkan Hampir 50 Persen

- Sabtu, 18 April 2020 | 12:52 WIB
Ilustrasi sampah di TPST Bantargebang, Kota Bekasi. (Antara)
Ilustrasi sampah di TPST Bantargebang, Kota Bekasi. (Antara)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Seperti di wilayah lain DKI Jakarta, warga Kepulauan Seribu juga merasakan dampak positif PSBB kepada lingkungan hidupnya.

Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu mencatat, selama seminggu pertama PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) berjalan, volume sampah di wilayahnya mengalami penurunan hingga sekitar 46,26 persen.

"Sampah sebelum PSBB dan penutupan lokasi wisata rata rata 777,82 ton. Sekarang turun jadi 359,85 ton," jelas Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Djoko Rianto Budi Hartono.

AYO BACA : PSBB Berhasil Tekan Volume Sampah di Jakarta Utara

Beberapa jenis sampah yang tertampung adalah sampah kiriman di pesisir laut, sampah hasil pilahan warga, juga sampah sisa tebangan pohon dan kerja bakti.

Penurunan volume sampah ini tentu berkaitan pula dengan penutupan aktivitas wisata di Kepulauan Seribu dari Maret hingga April ini. Kegiatan wisatawan dibatasi lebih ketat lagi oleh Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang intinya adalah penerapan social distancing.

"Kami tetap operasionalkan kapal pengangkut sampah seperti biasa. Namun dari 24 kapal yang ada, hanya 18 yang melayani seluruh pulau permukiman," tambah Djoko.

AYO BACA : Volume Sampah Jakpus Berkurang 20 Persen

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

Jalur Sepeda juga Sampai ke Kepulauan Seribu

Minggu, 4 April 2021 | 15:34 WIB

Warga Kepulauan Seribu Sudah Terima Bansos Tunai

Selasa, 23 Februari 2021 | 09:45 WIB
X