Tes Cepat Massal Sasar 200 Warga Kampung Muka Ancol

- Rabu, 6 Mei 2020 | 19:07 WIB
Alat tes cepat virus corona. (Kompas.com/Shutterstock)
Alat tes cepat virus corona. (Kompas.com/Shutterstock)

PADEMANGAN, AYOJAKARTA.COM -- Masyarakat yang tinggal di Kampung Muka RW 04 Kelurahan Ancol, menjadi target pelaksanaan rapid test massal selama 5 hari kerja. 

Pelaksana Tugas Kepala Puskesmas Kelurahan Ancol, dr. Satrio Bagus, menjelaskan, rapid test massal di Kampung Muka Ancol akan dilakukan terhadap 200 orang. Sebagian besar warga di Kampung Muka yang padat penduduk adalah perantau. Mayoritas mereka bekerja sebagai pedagang kaki lima yang biasa berjualan di sekitar objek wisata Kota Tua. 

"Per hari akan dilakukan pemeriksaan maksimal 40 orang. Warga akan registrasi terlebih dahulu kemudian konsultasi dengan tim medis tentang keluhan kesehatan yang dirasakan," terang Satrio saat ditemui Tim Kominfotik Jakarta Utara di lokasi rapid test bagi warga Kampung Muka, Rabu (6/5/2020).

Dari saat pengambilan sampel darah, warga akan menerima hasil pemeriksaan kurang lebih 1 jam. Hasilnya akan dikirim oleh petugas Puskesmas melalui pesan WhatsApp ke setiap warga yang menjalani rapid test. 

"Bagi warga yang hasilnya positif COVID-19 akan dihubungi langsung untuk mengikuti pemeriksaan lanjutan swab," ujar dr. Satrio.

Sementara itu, Lurah Ancol, Rusmin, mengatakan, rapid test dilakukan untuk mengidentifikasi dini ada atau tidaknya penularan COVID-19. 

"Warga Kampung Muka yang menjalani rapid test juga harus menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, jaga jarak fisik," ungkap Rusmin saat memantau rapid test massal.

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

Ancol Buka Lagi Besok, Perhatikan Syarat Masuknya!

Senin, 13 September 2021 | 17:58 WIB

Ancol Siap Dibuka Lagi, Ini Syaratnya!

Kamis, 9 September 2021 | 16:37 WIB

Warga Tenggelam di Danau Sunter Ditemukan Tewas

Senin, 9 Agustus 2021 | 16:47 WIB
X