Sudinsos Jakut Buka Pendaftaran Relawan Dapur Umum, Tak Mesti Jago Masak

- Rabu, 26 Februari 2020 | 16:15 WIB
Dapur Umum Dinas Sosial DKI Jakarta untuk para korban banjir. (Akurat.co)
Dapur Umum Dinas Sosial DKI Jakarta untuk para korban banjir. (Akurat.co)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Kehadiran dapur umum di lokasi bencana alam, seperti bencana banjir di Jakarta belakangan ini, tentu sangat dibutuhkan para korban.

Namun, dapur umum itu sendiri membutuhkan banyak relawan yang bersedia menjadi pelayan sesamanya. Karena itu, Suku Dinas Sosial Jakarta Utara mempersilakan siapapun warga yang berniat menjadi relawan dapur umum korban banjir untuk mendaftarkan diri. 

Menurut Koordinator Tanggap Aksi Bencana (Tagana) Jakarta Utara, Rohman, kehadiran relawan dapur umum dapat mempercepat proses tanggap bencana kepada warga terdampak. 

Pihaknya membuka pintu seluas-luasnya bagi warga yang ingin menjadi relawan dapur umum. Ia tegaskan bahwa relawan dapur umum tak harus memiliki keahlian memasak, karena relawan bisa membantu pekerjaan lain seperti mempersiapkan bahan makanan dan pengemasan.

"Untuk yang ingin gabung dengan kami di Jakarta Utara, kami membuka seluas-luasnya," kata Rohman saat ditemui di Pusat Logistik Suku Dinas Sosial Jakarta Utara, Jalan Kramat Jaya, Kelurahan Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, Rabu (26/2/2020).

Ia jelaskan, calon relawan bisa mendatangi Pusat Logistik Sudinsos Jakut dengan membawa identitas diri dan komunitas. Tidak ada batasan umur bagi calon relawan.

"Ttidak sulit. Datang saja dan langsung bergabung dengan kami di sini. Tidak ada batasan umur, siapapun bisa bergabung," jelasnya.

Jika sedang tidak ada kegiatan dapur umum, Tagana Jakarta Utara kerap menggelar pelatihan tanggap bencana. Calon relawan diberikan materi kesiapsiagaan bencana hingga pembentukan mental jiwa sosial.

"Yang penting kalau mau jadi relawan itu harus memiliki jiwa sosial yang tinggi. Tidak mengharapkan imbalan apapun dari tugas yang dijalaninya," tutupnya.

Halaman:

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

Ancol Buka Lagi Besok, Perhatikan Syarat Masuknya!

Senin, 13 September 2021 | 17:58 WIB

Ancol Siap Dibuka Lagi, Ini Syaratnya!

Kamis, 9 September 2021 | 16:37 WIB

Warga Tenggelam di Danau Sunter Ditemukan Tewas

Senin, 9 Agustus 2021 | 16:47 WIB
X