Resmikan Penggunaan e-BBM, Panglima TNI: Digitalisasi Pengelolaan BMP Langkah Inovatif dan Adaptif

- Kamis, 17 Desember 2020 | 16:40 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat meresmikan penggunaan e-BBM di lingkungan TNI, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Kamis (17/12/2020). (dok Puspen TNI)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat meresmikan penggunaan e-BBM di lingkungan TNI, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Kamis (17/12/2020). (dok Puspen TNI)

CIPAYUNG, AYOJAKARTA.COM -- Digitalisasi dalam pengelolaan Bahan Bakar Minyak dan Pelumas (BMP) di lingkungan TNI merupakan langkah Inovatif dan adaptif. Ini adalah langkah yang sangat penting dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi serta transparansi dalam pengelolaan BMP di lingkungan TNI.

Keterangan tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, saat meresmikan penggunaan e-BBM di lingkungan TNI, bertempat di Mabes TNI, Cilangkap, Kamis (17/12/2020).

AYO BACA : PANGLIMA TNI: Yang Menggangu Stabilitas, Berhadapan dengan TNI!

Menurut Panglima, sistem digitalisasi BMP dengan aplikasi e-BBM dalam pengelolaan BMP di lingkungan TNI ini sebagai langkah responsif dalam menghadapi era disrupsi teknologi saat ini dan perkembangan teknologi dalam revolusi industri 4.0. Aplikasi ini merupakan inisiasi Panglima TNI pada akhir 2018.

“TNI memiliki KRI (Kapal Perang Republik Indonesia) yang hampir tersebar di seluruh Indonesia, pesawat terbang dan tank semuanya membutuhkan dukungan BBM termasuk juga dukungan bahan bakar untuk operasional kendaraan personel, TNI juga banyak memiliki SPBT (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Tentara) hampir dimiliki setiap Angkatan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Ayojakarta.

AYO BACA : Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Tembus 7 Ribuan! Tertinggi Kedua Setelah Rekor pada 4 Desember Lalu (Update 17 Desember 2020)

Hadi juga mengatakan, prajurit TNI harus berpikir bagaimana mengefisiensikan itu semua apalagi di era digital, disitulah ide ini muncul. “Tujuannya adalah untuk menjadi media utama dalam administrasi pengelolaan BMP menggantikan sistem manual/fisik yang selama ini digunakan,” katanya. 

Lebih lanjut diaI berharap sasarannya adalah terwujud efisiensi, transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan BMP TNI serta sistem pengendalian dan monitoring data yang real time.

“Saya yakin apabila pelaksanaan digitalisasi ini diterapkan dengan baik akan memberikan keringanan dan kemudahan bagi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait dalam penggunaan BMP karena secara digital setiap hari dapat ter-update dalam hal penggunaannya,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Warga Jatinegara Dapat Bantuan 20 Gerobak UMKM

Senin, 23 Agustus 2021 | 18:34 WIB

KJP Plus Agustus 2021 Cair, Yuk Cek Rekening Bank DKI

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 06:44 WIB

KJP Agustus 2021: Mungkinkah Cair Pekan Ini?

Rabu, 11 Agustus 2021 | 17:14 WIB

KJP Plus Agustus 2021 Bisa Cair Pekan Ini?

Senin, 9 Agustus 2021 | 06:03 WIB
X