Transjakarta Siapkan Layanan Khusus untuk Pelanggan Disabilitas

- Jumat, 18 September 2020 | 08:53 WIB
Transjakarta memberikan layanan khusus untuk pelanggan disabilitas/Twitter @pt_transjakarta
Transjakarta memberikan layanan khusus untuk pelanggan disabilitas/Twitter @pt_transjakarta

MAKASAR, AYOJAKARTA.COM -- Bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional pada Kamis (17 September), moda warga DKI Jakarta, Transjakarta menyiapkan beberapa layanan yang dikhususkan bagi pelanggan disabilitas.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta, Achmad Izzul Waro, menjelaskan bahwa dalam rangka Hari Perhubungan Nasional, operator menyiapkan sebanyak 1.000 masker untuk pelanggan disabilitas.

Masker tersebut didesain khusus dengan tampilan depan transparan agar memudahkan dalam berkomunikasi. Pembagian masker itu dilakukan di seluruh halte-halte disabilitas.

Selain itu, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyediakan westafel portable di 100 halte yang difokuskan pada halte-halte disabilitas milik Transjakarta.

“Sama dengan masker, wastafel portable ini juga dirancang khusus sehingga ramah digunakan oleh pelanggan disabilitas”, tutur Izzul di laman resmi Transjakarta, transjakarta.co.id.

Menurut Izzul, seluruh pijakan wastafel dibuat lebih rendah sehingga memudahkan pengguna kursi roda ketika menggunakan wastafel portable tersebut. Untuk tahap awal, wastafel portable ini sudah tersedia di 4 (empat) halte Transjakarta yakni halte Sunan Giri, halte Walikota Jakarta Timur, halte Pasar Kramat Jati dan halte Rumah Sakit Islam.

Tidak hanya itu, untuk memberi kemudahan kepada pelanggan disabilitas lainnya, Transjakarta juga akan melengkapi segala bentuk informasi terutama informasi Passanger Information System (PIS) yang akan dilengkapi dengan bahasa isyarat. Setidaknya akan terpasang di 247 PIS yang dilengkapi dengan bahasa isyarat.

Untuk itu, Transjakarta bekerjasama dengan dua komunitas disabilitas besar di Jakarta yakni Komunitas Handai Tuli dan Komunitas Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional (GAUN). Kehadiran kedua komunitas ini akan membantu dalam mengisi konten yang akan diinformasikan kepada pelanggan.

“Tentu harapannya agar bisa memudahkan pelanggan terutama pelanggan disabilitas ketika menggunakan layanan Transjakarta terutama di saat pendemi seperti ini dan tetap terinformasi info-info terbaru dari Transjakarta.”

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Warga Jatinegara Dapat Bantuan 20 Gerobak UMKM

Senin, 23 Agustus 2021 | 18:34 WIB

KJP Plus Agustus 2021 Cair, Yuk Cek Rekening Bank DKI

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 06:44 WIB

KJP Agustus 2021: Mungkinkah Cair Pekan Ini?

Rabu, 11 Agustus 2021 | 17:14 WIB

KJP Plus Agustus 2021 Bisa Cair Pekan Ini?

Senin, 9 Agustus 2021 | 06:03 WIB
X