Cegah Penyebaran Covid-19, Pasar Jangkrik Matraman Terapkan Ganjil-Genap

- Sabtu, 13 Juni 2020 | 21:29 WIB
[ilustrasi] Pasar Jangkrik Matraman, Jakarta Timur, menerapkan kebijakan ganjil-genap dan protokol kesehatan. (dok Ayobandung)
[ilustrasi] Pasar Jangkrik Matraman, Jakarta Timur, menerapkan kebijakan ganjil-genap dan protokol kesehatan. (dok Ayobandung)

MATRAMAN, AYOJAKARTA.COM – Untuk mencegah penyebaran Covid-19 di antara kepada pedagang dan konsumen, Pasar Jangkrik Kelurahan Pisangan Baru, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur akan menerapkan ganjil-genap.

Peraturan operasional Pasar Jangkrik ganjil-genap menyesuaikan tanggal dengan nomor lapak.

"Kios nomor ganjil buka di tanggal ganjil, sedangkan kios bernomor genap buka pada tanggal genap," kata Lurah Pisangan Baru, Tuti Sugihastuti, di Jakarta, Sabtu (13/6/2020), seperti dikutip Republika.

Tuti mengatakan sekitar 200 kios pedagang akan dibagi menjadi 100-an pedagang per hari yang akan buka melayani pembeli. Mekanisme tersebut diharapkan dapat mengurai kerumunan dari konsumen.

"Kita sudah koordinasi bersama Suku Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan Kota Jakarta Timur, suratnya akan segera dikeluarkan," kata Tuti.

Pengelola pasar juga menempatkan petugas keamanan di lokasi pasar dengan memberlakukan sistem satu pintu untuk mengecek kondisi kesehatan masyarakat yang datang. Pengecekan kesehatan akan menggunakan thermo gun serta pemberian masker maupun penyediaan fasilitas cuci tangan.

"Sistem ganjil genap diberlakukan sesuai dengan ketentuan Gubernur Provinsi DKI Jakarta bagi pasar tradisional di Jakarta," tambah Tuti.

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Warga Jatinegara Dapat Bantuan 20 Gerobak UMKM

Senin, 23 Agustus 2021 | 18:34 WIB

KJP Plus Agustus 2021 Cair, Yuk Cek Rekening Bank DKI

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 06:44 WIB

KJP Agustus 2021: Mungkinkah Cair Pekan Ini?

Rabu, 11 Agustus 2021 | 17:14 WIB
X