Panglima TNI Resmikan Markas Komando Koopssus TNI Cilangkap

- Kamis, 11 Juni 2020 | 19:51 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, memotong tumpeng saat peresmian Gedung Markas Komando Koopssus TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (11/6/2020). (dok Puspen TNI)
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, memotong tumpeng saat peresmian Gedung Markas Komando Koopssus TNI di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (11/6/2020). (dok Puspen TNI)

CILANGKAP, AYOJAKARTA.COM -- Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, meresmikan Gedung Markas Komando Koopssus TNI yang ditandai dengan penandatanganan prasasti, bertempat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (11/6/2020).

Panglima TNI menyampaikan bahwa Komando Operasi Khusus Tentara Nasional Indonesia (Koopssus TNI) dibentuk karena TNI melihat ancaman yang semakin kompleks membutuhkan satuan yang memiliki interoperabilitas tinggi dan kemampuan Tri Matra (AD, AL, AU).

Koopssus TNI membawahi operasi menggunakan tiga matra, namun dalam operasinya sesuai dengan tugas masing-masing matra termasuk dalam mengatasi aksi terorisme. Sejak awal dibentuk satuan Koopssus TNI sudah menunjukkan kiprahnya dalam menangani Covid-19 diantaranya mengawal dan mengamankan penjemputan WNI dari Wuhan, Tiongkok,  kembali ke Indonesia.

AYO BACA : Prajurit TNI Pastikan Distribusi APD Tepat Sasaran Berdasar Data Akurat

“Di era digital dan otomasi saat ini, Koopssus TNI harus berada dalam kesiapsiagaan yang tinggi untuk digerakan kapan pun dan kemana pun serta dapat beradaptasi dengan konsep-konsep baru dengan memanfaatkan domain baru dalam peperangan modern,” jelas Panglima.

“Penguasaan terhadap teknologi informasi, siber, internet dan hal-hal yang berhubungan dengan dunia maya menjadi kekuatan pengganda dalam tugas operasi,” sambung Hadi.

Sebagai satuan baru, Koopsus TNI harus membangun sistem yang efektif dan modern. Dengan menggabungkan kekuatan kinetik dan non-kinetik. Koopsus TNI dapat menuntaskan setiap tugas yang diberikan dengan cepat, akurat dan dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

AYO BACA : Cegah Penyebaran Covid-19, Satgas 754 Kostrad Bagikan Masker di Kampung Kiliarma Papua

Panglima mengharapkan, dengan diresmikannya Gedung Mako Koopssus TNI, harus menjadi pemacu prestasi TNI dalam tugas operasi.

Halaman:

Editor: Budi Cahyono

Tags

Terkini

Warga Jatinegara Dapat Bantuan 20 Gerobak UMKM

Senin, 23 Agustus 2021 | 18:34 WIB

KJP Plus Agustus 2021 Cair, Yuk Cek Rekening Bank DKI

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 06:44 WIB

KJP Agustus 2021: Mungkinkah Cair Pekan Ini?

Rabu, 11 Agustus 2021 | 17:14 WIB

KJP Plus Agustus 2021 Bisa Cair Pekan Ini?

Senin, 9 Agustus 2021 | 06:03 WIB
X