Hikayat Kotaku, Antologi Pesona Jakarta Timur Karya 20 Penulis Pemula

- Rabu, 27 November 2019 | 20:28 WIB
Penulis pemula jebolan Jakarta Writingthon Festival (JWF) di Jaktim (timur.jakarta.go.id)
Penulis pemula jebolan Jakarta Writingthon Festival (JWF) di Jaktim (timur.jakarta.go.id)

JATINEGARA, AYOJAKARTA.COM -- Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur meluncuran buku Hikayat Kotaku, Antologi Pesona Jakarta Timur hasil karya alumni Jakarta Writingthon Festival (JWF).

Sebelumnya, Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jaktim menggelar JWF pada April 2019 yang diikuti 140 peserta. Kemudian tersaring 20 peserta pilihan untuk dibina dalam teknik penulisan buku dan observasi lapangan.

''Saat ini buku yang tercetak disebar di perpustakaan di lima wilayah DKI sebagai tambahan bacaan. Ke depan kita akan kerja sama dengan penerbit agar buku tersebut dipasarkan secara umum,'' jelas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Wahyu Haryadi di Kantor Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Jaktim, Jalan Jatinegara Timur 3, Rabu (27/11/2019). 

Kepala Sudin Perpustakaan dan Kearsipan Jaktim Eka Nuretika Putera menyebutkan, buku Hikayat Kotaku, Antologi Pesona Jakarta Timurterdiri dari 233 halaman yang ditulis oleh 20 penulis pemula.

Buku berisi tentang kearifan lokal yang ada di Jaktim seperti tempat wisata, kuliner, museum sejarah dan lainnya.

''Buku ini ditulis para penulis pemula yang telah kita bina. Penulisnya ada yang berlatar belakang anggota PPSU, pelajar, mahasiswa hingga ibu rumah tangga,'' kata Eka.

Dengan peluncuran buku Hikayat Kotaku, Antologi Pesona Jakarta Timur, pihaknya ingin memberikan apresiasi dan motivasi pada para penulis pemula. Agar bisa lebih mengembangkan minat dan bakat dalam teknik penulisannya.

Salah satu penulis Bimo Wicaksono (27) yang juga anggota PPSU Kelurahan Pondok Bambu mengaku senang bisa difasilitasi untuk penulisan karyanya.

Sebagai penulis pemula, Bimo mengaku banyak tantangan yang dihadapi saat mengumpulkan data terutama untuk wawancara dengan narasumber yang sulit ditemui karena faktor usia dan kesibukan. 

Halaman:

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo

Tags

Terkini

Warga Jatinegara Dapat Bantuan 20 Gerobak UMKM

Senin, 23 Agustus 2021 | 18:34 WIB

KJP Plus Agustus 2021 Cair, Yuk Cek Rekening Bank DKI

Sabtu, 14 Agustus 2021 | 06:44 WIB

KJP Agustus 2021: Mungkinkah Cair Pekan Ini?

Rabu, 11 Agustus 2021 | 17:14 WIB

KJP Plus Agustus 2021 Bisa Cair Pekan Ini?

Senin, 9 Agustus 2021 | 06:03 WIB
X