Polda Metro Jaya Tangkap Pelaku Ganjal ATM, Pelaku Kuras Rp108 Juta

- Jumat, 28 Mei 2021 | 16:50 WIB
Barang bukti dari pelaku ganjal ATM yang diamankan oleh Polda Metro Jaya/ayojakarta/fichri hakiim
Barang bukti dari pelaku ganjal ATM yang diamankan oleh Polda Metro Jaya/ayojakarta/fichri hakiim

KEBAYORAN BARU, AYOJAKARTA -- Polda Metro Jaya mengamankan dua pelaku berinisial A dan SH dalam kasus pencurian dengan modus ganjal ATM di Bojong Gede, Bogor. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, mengatakan pelaku A merupakan seorang residivis dan pernah mendekam di penjara terkait kasus serupa.

"Pelaku merupakan pemain lama, tersangka A alias Kopral merupakam residivis dalam kasus yang sama. Sementara SH alias l merupakan komplotannya, karena pencurian dengan modus seperti ini tidak bisa bekerja sendiri," ujar Yusri di Polda Metro Jaya, Jumat 28 Mei 2021.

Dalam melakukan aksinya, A dan SH menguras uang milik korban sebesar Rp108 juta di ATM. Modus yang digunakan para pelaku ialah dengan mengganjal mesin ATM menggunakan lidi kecil atau tusuk gigi.

"Modusnya dengan menggunakan tusuk gigi, sehingga saat korban masukan kartu ATM, kartu ATM nyangkut, tidak keluar. Sementara, satu pelaku menghapal nomor pin korban yang ATM nya nggak bisa keluar tadi," jelasnya.

Yusri menjelaskan petugas kepolisian memburu A dan SH setelah menerima laporan dari korban. Saat kejadian, korban hendak mengambil uang di ATM, namun kartunya tertelan.

Usai tertelan, korban melapor ke pihak bank. Namun setelah diblokir, diketahui uang tabungan korban telah dikuras oleh pelaku.

"Jadi uang korban ditransfer ke rekening lain yang sudah disiapkan pelaku sebelumnya," katanya. 

Akibat perbuatannya, A dan SH dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dan Tindak Pidana Pencucian Uang, dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

2 Kali Langgar PPKM, Holywings Kemang Ditutup 3 Hari

Senin, 6 September 2021 | 11:31 WIB

Holywings Kemang Resmi Ditutup Sementara

Senin, 6 September 2021 | 11:05 WIB

PKK Jaksel Panen Raya Agro Edukasi di Ragunan

Minggu, 22 Agustus 2021 | 09:38 WIB
X