Usia di Bawah 45 Tahun Boleh Kerja Seperti Biasa, Warga Jakarta Minta Pikir Ulang

- Rabu, 13 Mei 2020 | 17:29 WIB
Suasana jalan protokol di hari pertama penerapan PSBB di DKI Jakarta. (Okezone/Arie Dwi Satrio)
Suasana jalan protokol di hari pertama penerapan PSBB di DKI Jakarta. (Okezone/Arie Dwi Satrio)

TEBET, AYOJAKARTA.COM -- Rencana pemerintah melonggarkan pembatasan sosial di masa pandemi COVID-19 ditentang sebagian masyarakat Jakarta.

Diberitakan kemarin bahwa Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo, mengatakan, kelompok warga di bawah usia 45 tahun boleh bekerja di tengah wabah. Salah satu tujuannya untuk mencegah jumlah korban PHK terus membengkak.

Ayojakarta mencoba mewawancarai sejumlah warga DKI Jakarta mengenai rencana tersebut. Berbagai tanggapan disampaikan. 

Ada warga yang menilai rencana tersebut tidak konsisten dengan kebijakan PSBB, namun ada yang setuju dengan catatan: tetap mempraktikkan protokol kesehatan secara ketat.

Warga Pondok Pinang, Jakarta Selatan, Alfian (26), menuturkan, rencana pemerintah merelaksasi PSBB perlu dikaji ulang. Dia khawatir semakin banyak warga beraktivitas di luar rumah maka semakin luas penyebaran virus corona.

"Nanti, kalau semua ikut ke luar rumah, bagaimana? Tambah banyak orang di luar, tambah besar juga potensi penyebarannya. Lebih baik dipikir ulang," ujar Alfian, Rabu (13/5/2020).

Begitu juga pendapat Ratih (33), warga Jakarta Selatan yang kami temui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan. 

Menurutnya, pelaksanaan PSBB selama ini menjadi sia-sia jika aktivitas kerja tiba-tiba dilonggarkan. Ratih memohon pemerintah mengkaji ulang rencana merelaksasi PSBB.

"Kalau lihat di berita kan masih terus bertambah ya itu (kasus positif COVID-19). Kok malah mau dilonggarkan? Ya, mestinya sih pikir dua kali kalau mau bikin kebijakan lagi," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

2 Kali Langgar PPKM, Holywings Kemang Ditutup 3 Hari

Senin, 6 September 2021 | 11:31 WIB

Holywings Kemang Resmi Ditutup Sementara

Senin, 6 September 2021 | 11:05 WIB

PKK Jaksel Panen Raya Agro Edukasi di Ragunan

Minggu, 22 Agustus 2021 | 09:38 WIB
X