RS Darurat COVID-19 di Simprug Bakal Rampung Bulan Ini

- Senin, 4 Mei 2020 | 21:18 WIB
RS Darurat Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dalam proses pembangunan. (Humas Pertamina)
RS Darurat Simprug, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan dalam proses pembangunan. (Humas Pertamina)

KEBAYORAN LAMA, AYOJAKARTA.COM -- Pembangunan Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 di area Universitas Pertamina Simprug, Kebayoran Lama, rampung dalam waktu dekat. RSD diuat untuk menampung pasien Covid-19 wilayah Jakarta.

Camat Kebayoran Lama, Aroman Nimbang, mengatakan, proses pembangunan sudah mencapai 40 persen. Pengerjaan RSD ini dilakukan 24 jam tanpa henti. Dia memprediksi pembangunan akan selesai pada 21 Mei 2020.

"Rencana awal berkapasitas 600 kamar, namun ada perubahan hanya 390 kamar lengkap dengan fasilitasnya," kata Aroman dalam keterangan resminya, Senin (4/5/2020).

RSD Simprug berdiri di atas lahan bekas lapangan sepak bola. Di awal pembangunan, sempat mendapat penolakan warga sekitar yang khawatir penularan Covid-19. Namun, persoalan itu selesai setelah ada mediasi dengan warga sekitar.

"Pembangunan rumah sakit tidak semulus dari yang dikira. Warga sekitar universitas awalnya khawatir pembangunan rumah sakit itu. Setelah musyawarah dengan pihak terkait jadi enggak ada masalah. Intinya mereka menerima rumah sakit itu," jelas dia.

Aroman menambahkan, RSD ini hanya bersifat sementara selama pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya Jakarta. Jika wabah sudah selesai, rumah sakit ini akan dibongkar kembali.

"RS ini tidak permanen dan hanya digunakan untuk penanganan Covid-19. Selesai pandemi ya dibongkar dan dijadikan lapangan lagi. Kemudian lokasi Pertamina itu akan dijadikan mess seperti biasa," ungkapnya.

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

2 Kali Langgar PPKM, Holywings Kemang Ditutup 3 Hari

Senin, 6 September 2021 | 11:31 WIB

Holywings Kemang Resmi Ditutup Sementara

Senin, 6 September 2021 | 11:05 WIB

PKK Jaksel Panen Raya Agro Edukasi di Ragunan

Minggu, 22 Agustus 2021 | 09:38 WIB
X