Dongkrak Minat Baca Anak, Pemkot Jaksel Sudah Laksanakan 90 Kegiatan Story Telling

- Jumat, 20 Desember 2019 | 11:15 WIB
Ilustrasi story telling. (Foto: vecteezy.com)
Ilustrasi story telling. (Foto: vecteezy.com)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Telah banyak penelitian yang mengungkap manfaat besar kegiatan story telling atau kegiatan mendongeng bagi pertumbuhan otak anak. 

Berkaitan dengan itu, Suku Dinas (Sudin) Perpustakaan dan Kearsipan (Pusip) Jakarta Selatan rutin melaksanakan aktivitas stroy telling di seluruh wilayah baik Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan sekolah-sekolah. 

Berdasarkan data yang didapat dari Triwulan I hingga III 2019, sudah 90 kegiatan story telling berhasil dilaksanakan Sudin Pusip Jaksel.

Kepala Sudin Pusip Jaksel, Evita Dwi Saiverda, mengatakan, kegiatan mendongeng digelar untuk menumbuhkan minat baca masyarakat. Terutama bagi siswa PAUD, TK hingga SD dan Madrasah Ibtidaiyah.

AYO BACA : Ini Cara Mendongeng yang Baik untuk Perkembangan Otak Anak

"Kami adakan di RPTRA dan sekolah-sekolah. Selain itu ada wisata literasi dari TK dan SD ke Perpustakaan Umum Daerah Jakarta Selatan," katanya, Kamis (19/12/2019). 

Para pendongeng yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut berasal dari kalangan pustakawan dan komunitas pendongeng.  

Sedangkan Kepala Seksi Perpustakaan Sudin Pusip Jaksel, Maksum Asmasari, mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu mendorong minat anak-anak untuk lebih mengenal buku dan minat baca di dalam diri mereka. 

"Dari dongeng yang diceritakan mereka bisa berimajinasi. Apalagi mendongengnya dibawakan sesuai karakter yang ada di cerita dongengnya," kata Maksum. 

Halaman:

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

2 Kali Langgar PPKM, Holywings Kemang Ditutup 3 Hari

Senin, 6 September 2021 | 11:31 WIB

Holywings Kemang Resmi Ditutup Sementara

Senin, 6 September 2021 | 11:05 WIB

PKK Jaksel Panen Raya Agro Edukasi di Ragunan

Minggu, 22 Agustus 2021 | 09:38 WIB
X