Tahu Lebih Jauh Tragedi Semanggi I di Pameran Antologi

- Selasa, 12 November 2019 | 19:13 WIB
Pengunjung mengamati barang-barang yang dipamerkan di Pameran Antologi/Ayojakarta.com-Dhika Alam Noor
Pengunjung mengamati barang-barang yang dipamerkan di Pameran Antologi/Ayojakarta.com-Dhika Alam Noor

JAKARTA SELATAN, AYOJAKARTA.COM -- Pameran Antologi menampilkan cerita, memorabilia sekaligus memperingati 21 tahun Tragedi Semanggi I menarik perhatian masyarakat luas. 

Mahasiswa Universitas Darma Persada Muhammad Darul (19) yang berkunjung mengaku tertarik datang ke pameran ini. Guna mempelajari rangkaian sejarah demonstrasi yang pernah terjadi di Indonesia. 

''Pamerannya keren. Awalnya karena liat postingan Kontras di media sosial Instagram sehari yang lalu. Tujuannya ingin lebih banyak tahu tentang Tragedi Semanggi I,'' bebernya saat berbincang dengan Ayojakarta di Matalokal, M Bloc Space, Jalan Sisingamangaraja, Selasa (12/11/2019).

Setelah melihat pameran, Darul menjadi lebih mengetahui korban dan tindakan aparat terhadap demonstran pada masa lalu.  

''Pas di dalam lihat puisi, foto korban Semanggi I. Melihat komik kronologi kejadian tersebut. Jadi banyak tahu siapa saja yang menjadi korban, siapa yang jahat dan jadi tahu cerita korban,'' terangnya. 

Pengunjung lain mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Afrizal Ibrahim (19) menuturkan bahwa Tragedi Semanggi I menjadi pekerjaan rumah yang belum selesai. Dengan adanya Pameran Antologi menjadi pengingat kembali. 

''Harapannya peristiwa ini bisa terselesaikan. Saya juga Berusaha ingin tahu tentang Tragedi Semanggi I," tuturnya. 

Direktur Eksekutif Amnesty International Indonesia Usman Hamid mengatakan, Pameran Antologi untuk memperingati gerakan mahasiswa di tahun 1998. Terlebih akhir-akhir ini juga banyak gerakan mahasiswa. 

''Dalam pameran kali ini kami tampilkan memorabilia mulai dari foto, KTP, baju dan barang-barang yang dimiliki oleh mahasiswa yang gugur pada 1998. Untuk dikenang dan dijadikan pembelajaran bagi generasi hari ini,'' jelasnya.  

Halaman:

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo

Tags

Terkini

2 Kali Langgar PPKM, Holywings Kemang Ditutup 3 Hari

Senin, 6 September 2021 | 11:31 WIB

Holywings Kemang Resmi Ditutup Sementara

Senin, 6 September 2021 | 11:05 WIB
X