Ruang Terbuka Hijau Jadi Sarana Anak Muda Salurkan Ekspresi

- Jumat, 1 November 2019 | 18:48 WIB
Salah satu ruang terbuka hijau di Jakarta/barat.jakarta.go.id
Salah satu ruang terbuka hijau di Jakarta/barat.jakarta.go.id

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus bisa memaksimalkan kegiatan-kegiatan di ruang terbuka hijau. 

Sebagai wadah menyalurkan energi positif anak-anak muda yang kerap terlibat tawuran. Terutama di Manggarai, Jakarta Selatan. 

Pengamat sosial dari Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati menyatakan bahwa hal tersebut penting untuk menghapus pertikaian antar warga. Mengingat, tawuran warga di Manggarai terus terulang. 

''Diisi dengan program, toh infrastrukturnya sudah dibangun. Sekarang bagaimana menciptakan program-program agar anak-anak tersebut kemudian memiliki aktivitas,'' jelasnya saat dihubungi Ayojakarta, Jumat (1/11/2019).

Tersedianya ruang terbuka hijau yang dilengkapi berbagai kegiatan akan menjadi sarana anak muda mengekpresikan diri dan melakukan aktivitas sosial. 

Selain itu, anak-anak muda yang kerap terlibat tawuran juga bisa diberikan pelatihan keterampilan sehingga bisa memiliki keahlian untuk bekerja. 

''Kalau pemda memang perhatian harusnya bisa serius. Untuk merekomendasikan kepada pimpinan yang lebih tinggi agar anak-anak ini dirangkul dan diberi keterampilan untuk disalurkan,'' kata Devie. 

Dia menambahkan, pendekatan yang harus dilakukan kepada anak-anak muda di Manggarai tidak selalu dengan hukum formal. Tapi juga pendekatan sosial. 

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo

Tags

Terkini

2 Kali Langgar PPKM, Holywings Kemang Ditutup 3 Hari

Senin, 6 September 2021 | 11:31 WIB

Holywings Kemang Resmi Ditutup Sementara

Senin, 6 September 2021 | 11:05 WIB

PKK Jaksel Panen Raya Agro Edukasi di Ragunan

Minggu, 22 Agustus 2021 | 09:38 WIB
X