Pemerintah Harus Petakan Masalah Penyebab Tawuran Warga Manggarai

- Jumat, 1 November 2019 | 16:06 WIB
Tawuran warga di Manggarai, Jaksel/Detik
Tawuran warga di Manggarai, Jaksel/Detik

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Tawuran warga di Manggarai, Jakarta Selatan yang selalu terjadi harus menjadi perhatian serius.

Sebab, peristiwa itu akan membawa dampak negatif untuk semua pihak yang terlibat didalamnya. 

Pengamat sosial dari Universitas Indonesia Devie Rahmawati mengatakan, kekerasan yang terjadi antar warga atau konflik horizontal mengandung dua konteks. Pertama adalah wilayah, di mana kedua pelaku yang menentukan pangkal persoalan.

''Yang terjadi di Manggarai kita bisa lihat anak-anak muda yang terus terlibat dalam aksi kekerasan. Kenapa bisa terus terlibat, sederhana karena mereka memiliki waktu luang lebih panjang dan mereka tak punya tanggung jawab,'' jelasnya saat dihubungi Ayojakarta, Jumat (1/11/2019).

Terlebih, sebagian besar pelaku tawuran adalah pemuda putus sekolah. Selain minim keahlian, mereka juga tidak bisa menyalurkan energinya untuk hal-hal positif. 

AYO BACA : Tawuran Warga di Manggarai Pengalihan Transaksi Narkoba

''Seharusnya energi yang banyak tersebut tersalurkan dengan baik,'' kata Devie.

Jadi solusinya adalah pihak yang bertanggung jawab harus segera memetakan para aktor dan potensi aktor lainnya yang berpeluang terlibat lagi tawuran di masa mendatang. Guna pencegahan lebih awal. 

''Artinya mereka harus disalurkan energinya, entah itu sekolah atau bekerja. Karena kalau bicara konflik antar warga itu tadi kalau aktornya anak muda biasanya kasusnya demikian,'' terang Devie. 

Halaman:

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo

Tags

Terkini

2 Kali Langgar PPKM, Holywings Kemang Ditutup 3 Hari

Senin, 6 September 2021 | 11:31 WIB

Holywings Kemang Resmi Ditutup Sementara

Senin, 6 September 2021 | 11:05 WIB

PKK Jaksel Panen Raya Agro Edukasi di Ragunan

Minggu, 22 Agustus 2021 | 09:38 WIB
X