Cuaca Sangat Panas Masih Mungkin Terjadi Selama Tujuh Hari Ke Depan

- Sabtu, 26 Oktober 2019 | 12:42 WIB
Ilustrasi cuaca panas/Halodoc
Ilustrasi cuaca panas/Halodoc

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM — Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca panas terik masih berpotensi terjadi dalam sepekan ke depan.

"Hingga tujuh hari ke depan suhu tinggi masih berpotensi terjadi. Terutama di Jawa, Bali, NTB, NTT dan Sulawesi," kata Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab, Sabtu (26/10/2019).

AYO BACA : Awas Suhu Panas Melanda, Perbanyak Minum Air

Dijelaskannya, suhu tinggi yang membuat cuaca terasa sangat panas amat lazim terjadi di periode akhir musim kemarau.

Penyebabnya adalah posisi semu matahari yang saat ini sedang berada di sekitar equator sehingga panas sinar matahari terasa maksimal.

AYO BACA : Catat, Cara Antisipasi Cuaca Panas dari Dinkes DKI

Saat ini pun, massa udara yang berada di atas Indonesia khususnya bagian selatan Indonesia, berasal dari selatan yaitu Australia. Massa udara ini bersifat kering dan panas.

Massa udara yang kering dan panas tersebut menyebabkan sulitnya pertumbuhan awan. Karena awan minim (langit cerah), maka pemanasan dari sinar matahari langsung diterima bumi tanpa terhalang awan sehingga suhu makin naik.

Pada bulan September lalu, matahari berada di sekitar wilayah khatulistiwa dan akan terus bergerak ke belahan bumi selatan hingga Desember 2019.

Halaman:

Editor: Aldi Gultom

Tags

Terkini

2 Kali Langgar PPKM, Holywings Kemang Ditutup 3 Hari

Senin, 6 September 2021 | 11:31 WIB

Holywings Kemang Resmi Ditutup Sementara

Senin, 6 September 2021 | 11:05 WIB
X