5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memiliki Hewan Pelihara

- Kamis, 1 Agustus 2019 | 19:17 WIB
ilustrasi. (Pixabay)
ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA SELATAN, AYOJAKARTA.COM -- Memelihara hewan merupakan sebuah tanggung jawab besar, termasuk untuk pecinta hewan yang paling berpengalaman sekalipun. Ketika seseorang memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan, terdapat banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memelihara hewan tersebut.

Karena saat kita memutuskan untuk memelihara seekor binatang, kita memiliki komitmen untuk menjaga hewan tersebut sepanjang hidupnya. Misalnya, anjing yang  hidup lebih dari 10 tahun atau kucing hingga 20 tahun.  

Sebelum memelihara, terdapat beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Kesiapan akan perubahan gaya hidup, tersedianya waktu dan ruang, hingga keadaan finansial adalah beberapa dari banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk memiliki hewan peliharaan. Berikut beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk memelihara hewan.

Apakah saya memiliki komitmen yang cukup kuat?

Kepemilikan hewan peliharaan adalah komitmen jangka panjang. Hewan peliharaan merupakan makhluk hidup yang membutuhkan cinta dan perhatian dari pemiliknya. Anjing memiliki rentang hidup rata-rata 8-11 tahun. Kucing dapat bertahan hidup hingga 15, bahkan 20 tahun. Sementara kelinci hewan berkuping panjang dengan dua gigi seri yang khas ini bisa bertahan hingga 9-12 tahun. Memiliki komitmen terhadap hewan peliharaan sepanjang hidupnya sewajarnya dipertimbangkan. Jika merasa tidak dapat mencurahkan waktu untuk hewan peliharaan, maka akan lebih bijak jika tidak mengambil keputusan untuk memelihara hewan.

Apakah saya mengerti cara merawat hewan peliharaan?

AYO BACA : Ini Daftar Harga Hewan Kurban di 7 Lembaga Filantropi

Merupakan tanggung jawab pemilik hewan peliharaan, untuk meneliti secara menyeluruh berbagai syarat dan prosedur dalam memelihara hewan peliharaan. Pemilik perlu mendapatkan informasi tentang kebutuhan spesifik spesies hewan peliharaan, sehingga siap untuk merawatnya dengan baik. Lakukan penelitian sebelumnya pada hewan peliharaan ingin dirawat.  

Perawatan, tips nutrisi dan keamanan adalah hal-hal yang perlu diketahui sebelum mendapatkan anjing atau kucing peliharaan. Untuk memelihara kelinci misalnya, dibutuhkan kandang yang tidak berada di tengah-tengah kebisingan, karena hal tersebut dapat membuat kelinci stress.. Kandang hewan peliharaan harus mempermudah hewan untuk membuang kotoran, kandang bisa diberi lubang atau tempat khusus untuk membuang kotoran. Nutrisi hewan juga merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan. Salah satu contohnya yaitu anjing memiliki pantangan untuk makan cokelat.

Halaman:

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

Tags

Terkini

2 Kali Langgar PPKM, Holywings Kemang Ditutup 3 Hari

Senin, 6 September 2021 | 11:31 WIB

Holywings Kemang Resmi Ditutup Sementara

Senin, 6 September 2021 | 11:05 WIB

PKK Jaksel Panen Raya Agro Edukasi di Ragunan

Minggu, 22 Agustus 2021 | 09:38 WIB
X