Polisi: Selama Kebijakan PPKM, Mobilitas Kendaraan Menurun

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 18:22 WIB
Ilustrasi (suara.com)
Ilustrasi (suara.com)

KEBAYORANBARU, AYOJAKARTA -- Polda Metro Jaya terus berupaya mengurangi mobilitas masyarakat di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dengan melakukan penyekatan, guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan petugas kepolisian sudah hampir melakukan penyekatan selama 5 Minggu. Hasilnya, selama kebijakan PPKM, mobilitas kendaraan cenderung menurun. 

"Kita sudah selama hampir 5 Minggu melaksanakan pembatasan mobilitas terkait dengan masa PPKM Darurat maupun PPKM Level 4. Setiap hari ada ratusan ribu kendaraan bergerak masuk ke Jakarta dengan berbagai macam moda transportasi, ada kereta, sepeda motor," ujarnya, Selasa 3 Agustus 2021.

Menurut Sambodo, selama pemberlakuan penyekatan, ada 3 gerbang tol yang dijadikan patokan untuk melihat pergerakan atau mobilitas kendaraan.

"Sehingga volume kendaraan yang melintasi di 3 gerbang tol utama, yang masuk Jakarta itu bisa menjadi salah satu penanda bagaimana tingkat mobilitas di Jakarta," tuturnya.

Sambodo menjelaskan, angka pergerakan kendaraan mulai dari PPKM Mikro, PPKM Darurat, hingga PPKM Level 4 mengalami penurunan. 

"Ada 3 gerbang tol yang masuk arah Jakarta yaitu Gerbang Tol Halim, Cililitan dan Tomang. Terjadi penurunan yang cukup tajam antara masa PPKM Mikro, kalau kita mengacu pada yang biasa ini lebih di atas lagi, angka yang biasa di atas sekitar 100 ribuan," jelasnya. 

Seperti diketahui, PPKM Level 4 telah diperpanjang hingga Senin 9 Agustus 2021. Petugas kepolisian masih terus melakukan penyekatan di beberapa ruas jalan. 

"Ketika kita sekat di Jalan Sudirman-Thamrin, di situ ada penyekatan yang lainnya menjadi penurunan," katanya. 

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Jelang PTM 1.500 Sekolah, Wagub DKI Beri Pesan Ini

Kamis, 16 September 2021 | 15:45 WIB

Polisi Amankan Rumah Pembuat Pil Ekstasi di Johar Baru

Kamis, 16 September 2021 | 14:33 WIB

Ariza Ingin PPKM di Jakarta Turun Level

Senin, 13 September 2021 | 18:06 WIB

Kasus Covid-19 DKI Melandai, BOR Hanya 11%

Senin, 13 September 2021 | 15:45 WIB
X