Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, Begini Respons Wagub Ariza

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 14:30 WIB
Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, Begini Respons Wagub Ariza / dok. Suara.com
Joe Biden Sebut Jakarta Akan Tenggelam, Begini Respons Wagub Ariza / dok. Suara.com

TEBET, AYOJAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden tiba-tiba menyoroti ibu kota Indonesia, DKI Jakarta. Dalam pembicaraan soal perubahan iklim yang bertempat di Kantor Direktur Intelijen Nasional AS, Biden mengatakan bahwa Jakarta terancam tenggelam dalam 10 tahun mendatang.

“Apa jadinya di Indonesia kalau proyeksinya tepat, 10 tahun ke depan mungkin ibukota harus pindah karena akan berada di bawah air?,” singgung Biden soal rencana pemindahan ibu kota Indonesia ke Kalimantan.

Menanggapi pernyataan tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) membenarkan ucapan Biden. Ariza mengatakan Jakarta memang memiliki dataran yang rendah.

“Jadi di Jakarta ada penurunan muka tanah setiap tahunnya. Namun tidak berarti 10 tahun Jakarta tenggelam,” ucap Ariza di Jakarta, Sabtu 31 Juli 2021.

Saat ini, Ariza menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap mengupayakan agar Jakarta tidak tenggelam. Upaya-upaya tersebut, sebut Ariza, antara lain berupa penyedotan air tanah, pipanisasi PAM Jaya yang terus ditingkatkan agar kebutuhan air bersih dapat terjaga, serta membuat program percepatan pipanisasi, air bersih, dan air minum di Jakarta.

“Mudah-mudahan ini bisa mengurangi (penurunan) muka air tanah di Jakarta. Saya kira tidak seperti yang disampaikan demikian (Biden) bahwa Jakarta akan tenggelam,” tegasnya.

Dia juga menyampaikan bahwa pihaknya terus menyiapkan program agar ROB (banjir di tepi pantai) di Jakarta Utara dapat teratasi. Ariza cukup optimis bahwa Jakarta tidak tenggelam dalam waktu 10 tahun lagi. 

 

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Kasus Pengadaan Tanah, Anies Dicecar 8 Pertanyaan di KPK

Selasa, 21 September 2021 | 16:47 WIB
X