Pemprov DKI : Pasien Covid-19 Tak Perlu Tes Ulang Usai Isolasi Dua Minggu

- Kamis, 22 Juli 2021 | 16:09 WIB
Ilustrasi / dok. Pixabay
Ilustrasi / dok. Pixabay

GAMBIR, AYOJAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI menyebutkan pasien Covid-19 yang telah melakukan isolasi mandiri selama dua pekan, maka tidak perlu melakukan tes Covid-19 kembali.

"Kalau sudah dinyatakan sembuh dan selesai isolasi mandiri, tidak perlu melakukan tes swab PCR berkala bila tidak ada indikasi terinfeksi lagi (reinfeksi)," tulis akun Instagram resmi @dkijakarta yang dikutip Ayojakarta pada Kamis, 22 Juli 2021.

Dalam informasi grafik yang diunggah Pemprov DKI, pasien dapat dinyatakan sembuh setelah hari ke-10 sejak timbulnya gejala, selama ia tidak mengalami gejala di 3 hari berikutnya.

"Artinya, jika gejala sudah hilang di hari ke-6, pasien tersebut dapat dinyatakan sembuh setelah hari ke-10," terangnya.

"Jika gejala masih ada setelah hari ke-12, perlu menambah tiga hari lagi untuk masa isolasi," tambah unggahan akun Instagram Pemprov DKI tersebut.

Maka dari itu pula, Pemprov DKI menyarankan tidak perlu tes Covid-19 kembali meski hasilnya tetap positif setelah menjalani isolasi mandiri selama dua minggu.

"Karena tes PCR masih dapat mendeteksi virus, bahkan yang sudah mati di saluran udara. Hasil tes PCR dapat tetap positif hingga 8 minggu, bahkan ketika pasien sudah tidak dapat menularkan virus setelah 10 hari sejak timbulnya gejala," sebutnya. 

 

Editor: Firda Puri Agustine

Tags

Terkini

Kasus Pengadaan Tanah, Anies Dicecar 8 Pertanyaan di KPK

Selasa, 21 September 2021 | 16:47 WIB
X