Wagub DKI: Sanksi Pidana dalam Revisi Perda Covid-19 Bukan untuk Menghukum Masyarakat

- Rabu, 21 Juli 2021 | 19:55 WIB
Wagub DKI: Sanksi Pidana dalam Revisi Perda Covid-19 Bukan untuk Menghukum Masyarakat
Wagub DKI: Sanksi Pidana dalam Revisi Perda Covid-19 Bukan untuk Menghukum Masyarakat

GAMBIR, AYOJAKARTA - Meskipun sudah ada sanksi administrasi dan kerja sosial, nyatanya masih banyak masyarakat yang belum jera dan bahkan kembali melanggar aturan dalam upaya penanggulangan Covid-19 di ibu kota.

Atas dasar hal tersebut, Pemprov DKI Jakarta mengajukan usulan perubahan Perda Covid-19 Nomor 2 Tahun 2020 untuk direvisi dengan ditambahkan sanksi pidana.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria yang mewakili Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam rapat paripurna menyampaikan, revisi Perda merupakan salah satu ikhtiar dalam penanggulangan Covid-19 melalui jalur penyusunan regulasi.

"Tujuan pemidanaan dipahami tidak untuk menghukum masyarakat, melainkan tercapainya tujuan bersama dari masyarakat itu sendiri," kata pria yang kerap disapa Ariza ini di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu 21 Juli 2021.

Ariza berharap, aturan ini dapat berjalan efektif sehingga kesehatan dan kesejahteraan masyarakat terjamin seperti saat sebelum pandemi Covid-19.

Apabila usulan perubahan Perda Nomor 2 Tahun 2020 disetujui Dewan menjadi Peraturan Daerah, Ariza berharap penegakkan pelanggaran protokol Covid-19 tidak menimbulkan benturan antara masyarakat dengan aparat penegak Perda.

Politikus Partai Gerindra ini meminta penegakkan Perda dapat dilakukan secara humanis agar tidak terjadi kegaduhan yang menyita perhatian publik.

"Penegakkan hukum tidak dijalankan secara tajam ke bawah, tumpul ke atas," tandas Ariza.

Dalam revisi Perda tersebut, ada penambahan pada pasal 28A Bab IXA terkait pengaturan penyidikan, di mana polisi dan aparatur sipil negara (ASN) seperti Satpol PP memiliki kewenangan dalam memberi sanksi administratif, ketentuan pidana hingga pencabutan izin usaha pada pelanggar protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Kasus Pengadaan Tanah, Anies Dicecar 8 Pertanyaan di KPK

Selasa, 21 September 2021 | 16:47 WIB

JIS Uji Coba Pasang Rumput Hybird, Ini Keunggulannya

Senin, 20 September 2021 | 15:35 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Rusun Pasar Rumput

Senin, 20 September 2021 | 11:07 WIB

BMKG Prediksi Jakarta Diguyur Hujan Malam Ini

Minggu, 19 September 2021 | 21:34 WIB

Denda Prokes PPKM di Jakarta Capai Rp16 Juta Sehari

Minggu, 19 September 2021 | 13:20 WIB
X