Penumpang Transportasi Umum hingga Pengendara Ojol di Jakarta Wajib Punya STRP

- Selasa, 13 Juli 2021 | 12:38 WIB
Penyesuaian layanan sektor transportasi mulai 12 Juli hingga 20 Juli/dok: Instagram @dishubdkijakarta
Penyesuaian layanan sektor transportasi mulai 12 Juli hingga 20 Juli/dok: Instagram @dishubdkijakarta

GAMBIR, AYOJAKARTA - Pemprov  DKI Jakarta melalui Dinas Perhubungan mewajibkan seluruh penumpang transportasi umum untuk membawa Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP).

Hal itu tertuang dalam SK Kadishub Nomor 282 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis Pembatasan Layanan Transportasi Umum dan Pemanfaatan Jalur Khusus bus Transjakarta untuk Layanan Ambulan, mobil jenazah, dan mobil pengangkut oksigen pada masa pemberlakuan PPKM darurat.

Kebijakan tersebut pun sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 50 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 42 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19.

Dengan demikian, penumpang di KRL, MRT, Transjakarta, serta angkutan perkotaan yang merupakan transportasi umum kini wajib membawa STRP untuk melakukan perjalanan.

"Penumpang transportasi umum untuk perjalanan orang berkategori sektor esensial atau sektor kritikal sebagaimana dimaksud pada DIKTUM KESATU huruf a wajib memiliki Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) yang diajukan secara kolektif oleh Penanggungjawab Perusahaan/Badan Usaha tempat yang bersangkutan bekerja," bunyi SK itu yang dikutip Ayojakarta, Selasa 13 Juli 2021.

Selain itu, Dishub DKI juga mewajibkan pengemudi transportasi online, yakni motor maupun mobil memiliki STRP yang diajukan oleh perusahaan aplikasi.

"Pengemudi transportasi online (mobil dan sepeda motor) wajib memiliki Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) yang diajukan secara kolektif oleh Penanggungjawab Perusahaan Aplikasi," bunyi diktum ketiga dari SK itu.

 

Editor: Husnul Khatimah

Tags

Terkini

Denda Prokes PPKM di Jakarta Capai Rp16 Juta Sehari

Minggu, 19 September 2021 | 13:20 WIB

Jelang PTM 1.500 Sekolah, Wagub DKI Beri Pesan Ini

Kamis, 16 September 2021 | 15:45 WIB

Polisi Amankan Rumah Pembuat Pil Ekstasi di Johar Baru

Kamis, 16 September 2021 | 14:33 WIB
X