BST Mei dan Juli Kemensos Cair Pekan Kedua Juli, BST DKI Jakarta Belum Pasti!

- Selasa, 13 Juli 2021 | 10:05 WIB
BST Mei dan Juli Kemensos Cair Pekan Kedua Juli, BST DKI Jakarta Belum Pasti! (ilustrasi)/ayobandung
BST Mei dan Juli Kemensos Cair Pekan Kedua Juli, BST DKI Jakarta Belum Pasti! (ilustrasi)/ayobandung

TEBET, AYOJAKARTA – Kemensos sudah menjanjikan bantuan sosial tunai (BST) untuk periode Mei dan Juni 2021 akan dicairkan pada pekan kedua Juli. Sementara itu, BST dari Pemprov DKI Jakarta yang disalurkan via Bank DKI belum pasti.

Pemerintah pusat sudah memastikan memperpanjang program BST selama 2 bulan untuk meringankan masyarakat yang terdampak Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat selama 3 Juli—21 Juli 2021.

Namun, tidak begitu dengan keputusan menyangkut BST periode Mei dan Juni untuk DKI Jakarta.

Informasi yang Anda maksud adalah BST yang bersumber dari Pemerintah Pusat dan disalurkan melalui Kantor POS, untuk BST dari Pemprov DKI Jakarta belum ada keputusan terbaru. Terima kasih.

Demikian informasi yang disampaikan akun Twitter Pemprov DKI Jakarta, @DKIJakarta, Senin 11 Juli 2021, menjawab pertanyaan warganet. Sampai saat ini belum ada penjelasan resmi dari Pemprov DKI terkait dengan penyaluran BST Mei dan Juni via Bank DKI.

Sementara itu, penjelasan tentang pencairan BST Mei dan Juni dari pemerintah pusat sudah disampaikan pejabat Kemenkeu, Kementerian Sosial, dan Kementeriaan Koordinator bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan.

“Perpanjangan BST 2 bulan ini akan membutuhkan anggaran Rp6,1 triliun. Catatannya tentu kita akan menggunakan data kelompok penerima dari penyaluran bulan Januari sampai April yang lalu. Sehingga untuk BST ini total alokasi nya adalah mencapai 18,04 triliun dari yang Januari-April plus 2 bulan yang sekarang kita akan berikan,” ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers membahas Aspek APBN Terhadap Implementasi PPKM Darurat secara daring, Jumat (2 Juli 2021).

PEKAN KEDUA JULI

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjanjikan BST kepada 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) akan dicairkan dua bulan langsung periode Mei dan Juni.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Terkini

Anies Resmikan Pelayanan Jantung Terpadu RSUD Tarakan

Selasa, 28 September 2021 | 17:02 WIB

Kasus Pengadaan Tanah, Anies Dicecar 8 Pertanyaan di KPK

Selasa, 21 September 2021 | 16:47 WIB
X